oleh

Sejarah Preweding Jaman Now, Kapan Giliran Kamu….?

Penulis : Iwan Kurnia

Mahasiswa Sekolah Tinggi Hukum Garut (STHG)

 

Apa yang sering dilakukan para pasangan selain mempersiapkan pernikahan itu sendiri? Ini dia ‘Berfoto Jaman Now’, foto prewedding.

Tapi sebelumnya kita kupas dulu sedikit Bagaimana sejarah prewedding dan dari mana asal muasal budaya prewedding?

Prewedding sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat jaman Now (sekarang), justru sudah menjadi bagian dari ritual sebuah pernikahan. Walaupun sebagian bilang Arbain Rambey sebagai fotografer senior pernah mengritik idiom Pre Wedding sebenarnya salah kaprah. Pasalnya, dalam bahasa Inggris sebenarnya adalah Pre Wedding Photography yang kemudian berubah jadi prewedding atau prewed. Akan tetapi, tidak terlalu menjadi masalah karena dalam kaca mata linguistik Prewedding merupakan serapan dan wujud impor bahasa.

Di Indonesia foto prewedding bukan hal baru lagi. Justru penggunaan bahasa yang salah kaprah itu berasal dari Indonesia. Dalam dunia fotografi luar negeri, tidak ada istilah pre wedding photography, melainkan wedding photograpy. Secara teoritis orang Barat mengenal istilah ini sebagai Engagement Photo. Enggagement photo adalah kegiatan memotret pengantin saat pernikahan dilangsungkan, serta pose pengantin setelah acara pernikahan dilangsungkan. Baik di dalan studio ataupun di luar studio. Tentunya berbeda dengan fotografi prewed di Indonesia yang memotret calon pengantin untuk keperluan detil pernikahan. Seperti sampul surat undangan, perlengkapan souvenir atau hanya sebagai kenangan untuk masa tua nanti.

Sebetulnya Foto prewedding mulai marak dan dikenal oleh masyarakat di era tahun 1990 an. Saat dimana industri fotografi di Cina berkembang pesat dan memasuki era keemasan. Pasca terbukanya sistem Ekonomi Cina di tahun 1990 an, dari yang sangat Komunis bergeser menjadi sedikit lebih Kapitalis.  Saat itu Cina kebanjiran produk Elektronik dari negara Jepang, Korea dan Taiwan. Antusiasme investor membludak dikarenakan Production Cost yang cukup murah (terutama birokrasi dan ijin usaha). Tak heran merekapun berbondong-bondong untuk membuat pabrik Elektronik di Cina.hingga sampai lah di negeri tercinta kita Indonesia

Sebetulnya tidak ada yang tau dengan jelas dan pasti tentang siapa orang yang pertama kali mencetuskan konsep prewedding photography.

Akan tetapi bagi anda yang memang penasaran dengan foto prewedding di Jaman Now kayak nya sekarang sudah menjadi trend lho dan sudah menjadi ritualitas khusus bagi anda yang mau melangsungkan pernikahan…., kalau dulu hanya kalangan kelas menengah ke atas yang mendokumentasikan foto prewedding, di era digital sekarang ini semua kalangan sudah pasti bisa dan untuk harga sangat terjangkau.

sebetulnya apa yang menjadi kelebihan prewed?

Saya jawab, sebetulnya nya juga tiap sesuatu hal pasti ada kelebihan dan kekurangan saya kasih bocoran sedikit kelebihannya ok Gusy…..!

Prewedding di konsep untuk anda yang ingin memiliki momen terindah dengan pasangan anda sebelum menuju ke pernikahan, meskipun waktu nya yang sangat singkat dibandingkan dengan lamanya berpacran.Akan tetapi prewedding punya kesan tersendiri sehingga anda bisa mengenangnya sampai anda punya cucu. Apakah foto prewedding yang sebenarnya? Foto prewedding adalah foto dari pasangan bersama-sama pengantin oleh pasangan sebelum pernikahan sesungguhnya. Fungsi dari berbagai foto prewedding, misalnya digunakan sebagai foto di undangan atau di pajang saat acara pesta . Sebenarnya,perlu atau tidaknya foto pre wedding tergantung oleh pasangan.Jika memang tidak bermasalah untuk difoto, sebaiknya membuat foto prewedding ini harus yang terbaik, karena foto-foto pra pernikahan (foto prewedding) ini mungkin akan menjadi satu-satunya foto yang di buat serius oleh pasangan selama hidupnya. Secara umum, orang normal setelah menikah akan sulit untuk meluangkan waktu untuk serius mengambil foto dengan pasangannya,seperti foto prewedding ini. Ada begitu banyak konsep dari foto prewedding puluhan atau bahkan ribuan orang yang telah dibuat. Dari yang indah, serius dan juga foto prewedding lucu.

para calon pengantin kini lebih kreatif dan bebas dalam menentukan gaya foto prewedding mereka. Tak lagi harus formal dan konservatif.

Nah’ sekarang bagaimana anda menentukan konsep prewedding anda?

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed