oleh

Kabid Pemdes Kepala Desa Jangan Asal Nyuruh Staf

GARUT, KAPERNEWS.COM – Selasa, 6/2 bertempat di Aula Kecamatan Balubur Limbangan puluhan Kepala Desa dari delapan kecamatan berkumpul guna mengikuti acara sosialisasi pagu anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2018 yang diselengarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masarakat Desa (DPMD).

Acara tersebut disamping Para Kepala Desa dan Para Sekretari Desa diikuti juga Para Pendamping Desa dan Tim Pelaksana Kegiatan (TPK).

Tujuan dari sosialisasi tersebut sebagai mana dijelaskan oleh Kabid Pemerintah Desa, Asep Mulyana bahawa subtansi dari acara ini adalah supaya Desa tahu pagu anggaran dan cara penghitungannya di Desa masing- masing denga dasar penghitungan yang real mulai dari data dasar, tipelogi Desa, junlah penduduk, letak geografis dan yang lainnya sebagai indikator untuk mendapatkan pagu desa yang akurat agar tidak terjadi miskomunikasi.

“Untuk itu Kepala Desa harus tahu dan paham cara penghitungan pagu, Kepala Desa jangan hanya menyuruh Sekretarinya arau setapnya dalam pembuatan pagu tersebut,” jelas Asep Mulyana.

Asep Mulyana juga menekankan para Kepala Desa agar dalam pengisian data Indek Desa Membangun (IDM) harus sesuai kenyatan desanya.

“Setiap tahun Desa harus mengisi data IDM yang disosialisasikan oleh LKD sebagi dasar penentuan tipelogi desa, jangan sampai salah mengisi desa tertinggal menjadi desa maju itu kan merugikan desa itu sendiri,” pungkasnya.

Laporan: Bhegin/Roni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed