oleh

44 Peserta Sekolah Dasar Bertarung Dalam OSN MIPA di Kersamanah

GARUT, KAPERNEWS.COM – Dalam rangka penyeleksian siswa berprestasi dibidang mata pelajaran Matematika dan IPA  (MIPA) UPT Pendidikian kersamanah menyelenggarakan Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kecamatan digelar, adapun kegiatan ini sudah dijadikan agenda tahunan, dan  tempat yang dipakai untuk ajang bergengsi tersebut di SDN Nanjung Jaya 2, Desa Nanjungjaya Kecamatan Kersamanah Kabupaten Garut, Kamis 15/02.

Lomba bergengsi MIPA tersebut diikuti oleh 44 peserta dari perwakilan 22 sekolah yang ada di kecamatan Kersamanah yang mana maksud dan tujuan dari lomba OSN itu sendiri tak lain adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan, khususnya bidang mata pelajaran IPA dan Matematika yang berasaskan pendidikan karakter dan dapat menumbuh kembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa pada tingkat sekolah. Tampak hadir kepala UPT Pendidikan Kersamanah Drs. Dedi  Hidayat M.Pd, para pengawas seperti H. Aceng Safei M.Pd, Dadan M.Pd,  Aa Hidayat M.Pd dan Ito Masitoh S.Pd juga para Kepala Sekolah dan guru pembimbing.

Kepala Sekolah SDN Girijaya 1 Ujang Jamaludin S.Pd sebagai sekretatis K3S dan juga selaku pendamping anak didiknya yang ikut berkompetisi dalam ajang OSN tersebut mensupport agar semangat dalam mengikuti ajang bergengsi kegiatan OSN ini, tutur Ujang Jamaludin disela sela kesibukannya.

Saepudin Spd yang akrab di panggil Uce yang menjabat K3S, juga sebagai Kepala Sekolah di SDN Kersamanah 2 menuturkan, dengan adanya kegiatan ini agar meningkatkan motivasi anak di bidang pendidikan studi Matematika dan IPA, dan berharap bisa tembus ke tingkat provinsi bukan hanya kabupaten, jelas Uce kepada penuh semangat, sekedar info saja tambahnya, untuk pembukaan resmi dari kegiatan OSAF ini nanti di tanggal 27 Februari dan yang membuka langsung oleh Kepala UPT Pendidikan Kersamanah terangnya

Lain hal dengan H. Aceng Safei M.Pd, selaku pengawas dan yang bertanggung jawab di bidang akademik menjelaskan, harapan kami dalam ajang lomba OSN ini masalah pendidikan mulai ada peningkatan baik itu tingkat kecamatan, tingkat kabupaten, provinsi bahkan ke tingkat nasional, karena melihat wacana yang berkembang saat ini soal-soal USBN akan berbentuk kolaborasi antara bentuk soal multiple choice dan easey, dengan demikian peserta didik pada saatnya nanti akan terbiasa menghadapi kedua bentuk soal tersebut, dan itu akan di jadikan bahan evaluasi bilamana nanti kita tidak tembus ke tingkat yang lebih tinggi.

“Saya berpesan kepada para Kepala Sekolah dan guru pembimbing agar selalu memberikan bimbingan dan pemahaman kepada murid muridnya agar si murid paham, juga bisa mencerna soal yang diberikan. Karena tolok ukur keberhasilan suatu sekolah atau seorang Pengajar bila mana simurid itu berprestasi dan menjadi juara, baik itu tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi bahkan ke tingkat nasional sekolah tersebut akan ada nilai jual lewat prestasi akademik,” jelasnya.

Lebih lanjut H. Aceng berharap kepada dinas terkait agar dibuatkan kalender pendidikan untuk memudahkan dalam mengkondisikan setiap ada kegiatan, karena melihat dengan kondisi yang ada sekarang ini terkadang masih tumpang tindih karena belum adanya kalender pendidikan yang di keluarkan oleh dinas terkait, apalagi ini kan program pemerintah terangnya.

“kompetisi ini salah satunya untuk menjalin tali silaturahmi dan untuk menciptakan suasana kompetisi yang sehat antar siswa sekolah dalam mata pelajaran IPA dan Matematika yang berasaskan pendidikan karakter,” jelas Aceng.

Peserta terbaik OSN ini nantinya akan mewakili Kecamatan Kersamanah ke tingkat Kabupaten Garut, sekaligus, bisa membawa nama harum sekolah tutupnya.

Laporan : Riyadi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed