oleh

Kabid Pemdes : Anggaran BUMDes Harus Epektif Jangan Hanya Penyerapan Anggaran Saja

GARUT, KAPERNEWS.COM – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan salah satu badan usaha yang dikelola oleh Desa dengan tujuan untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat Desa sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat nya dan hasil usaha dari BUMDes dapat menambah PADes.

Seperti dikatakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Garut melalui kepala bidang pemerintah Desa di sela-sela aksi audensi masyarakat Desa Kertajaya, Kecamatan Cibatu (09/4) bahwa yang namanya BUMDes itu harus benar-benar sehat.

“BUMDes sehat itu artinya bukan hanya sekedar menyerap anggarannya saja,akan tetapi keberadaannya harus epektif juga agar dapat meningkatkan perekonomian di Desa tersebut dan bisa menambah PADes, dengan harapan masyarakat benar-benar terbantu dengan adanya kegiatan usaha yang dikelola Desa”.

Nah di Kabupaten Garut saya rasa belum semua BUMDes berjalan dengan baik sehingga keepektifitasannya sangat minim,mungkin karena persiapan nya yang kurang matang atau lebih cenderung dipaksakan, teang Asep Mulyana.

“Padahal kami dari pihak DPMD selalu mengsosialisasikan bahwa tolong untuk anggaran BUMDes supaya ditinjau kembali jangan sampai penyertaan modal terus tetapi bentuk nya tidak jelas”.

Kami berharap supaya anggaran BUMDes benar-benar dimanfaatkan dengan baik sehingga masyarakat bisa merasakan manfaat dari BUMDes sendiri dan keuntungan atau hasil yang diperoleh selain untuk dikembangkan lagi juga bisa menambah pendapatan asli Desa, pungkasnya.

Laporan: BS/AM

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed