oleh

Antisipasi Longsor, Kades Ngumbul Bangun Talud Setinggi 7 Meter

BLORA, KAPERNEWS – Desa Ngumbul Kecamatan Todanan Kabupaten Blora terletak persis di bawah kaki Gunung Manggir, gunung yang sudah tidak aktif lagi di wilayah Todanan. Oleh karena itu warga sekitar dikaki gunung sangatlah rentan dengan bencana tanah longsor.

Untuk mengantisipasi dan mencegah hal yang tidak dinginkan, Kades Ngumbul Suparji segera mengambil tindakan pencegahan. Dengan memanfaatkan anggaran yang diambilkan dari Pemerintah Pusat yaitu Dana Desa, segera dibangun talud sepanjang sekitar hampir 200 meter, diantaranya ada yang tingginya sampai 7 meter sepanjang 14,2 meter, merupakan titik rantan longsor, dikarenakan berbatasan langsung dengan rumah warga. Jaraknya kurang dari 1 meter dari kaki gunung sudah berdiri rumah penduduk sekitar ada 10 rumah warga. Tepatnya warga di Dukuh Manggir RT 1/2 RW 2 Desa Ngumbul.

“Untuk tahun kemarin pernah terjadi longsor yang hampir menimpa rumah salah satu warga, maka pembangunan talud ini termasuk saya prioritaskan” ujar Kades saat dilokasi.

Senada, Bhabinkamtibmas Polsek Todanan Bripka Dwi Riyanto dan Babinsa Koramil Todanan Peltu Imam S saat ditemui dilokasi proyek mengatakan,

“Warga sangat khawatir bila musim penghujan tiba, karena sudah pernah sekali terjadi longsor, dan juga talud ini benar benar dibutuhkan warga karena disamping untuk menahan longsoran juga bisa memperlebar lorong yang ada tepat dibawah tebing gunung Manggir. Sehingga warga yang melewati jalan tersebut tidak khawatir jatuh kebawah yang memang agak curam kedalamanya.

Suparji mengatakan, dengan dibangunnya talud tersebut berharap agar warga merasa tenang bila musim hujan datang, dan juga agar warganya terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan, seperti tanah longsor misalnya, ungkap  Kades dengan penuh harap.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed