Rian Balita Penderita Ekstrofi Kloaka Dirujuk ke RSUD Hasan Sadikin Bandung

0
183
Rian, Balita umur 4 tahun terlahir tanpa lubang anus, tanpa alat vital, telapak kaki bengkok dan tulang pinggulnya bengkok.

SUKABUMI, KAPERNEWS – Namanya Rian (4 Tahun), warga kampung Pangkalan RT. 001 RW. 007 Kelurahan Jayamekar, Kecamatan Baros, Kabupaten Sukabumi, kondisinya memprihatinkan. Ia terlahir tanpa lubang anus, tanpa alat vital, telapak kaki bengkok dan tulang pinggulnya bengkok.

Menurut Keterangan dari Budi Arya (26/1), Rian tinggal bersama kedua orang tuanya beserta kakek neneknya yang sudah tua renta. pekerjaan bapaknya hanya kuli menjualkan barang milik orang lain (jualan panci), ibunya sehari-hari mengurus rumah tangga. Sedangkan kakek dan neneknya sudah tua renta dan sudah pikun.

Terasa kontradiktif memang, Penderita Ekstrofi Kloaka mengalami abnormal, terlahir disituasi cobaan dan tantangan. Cobaan untuk keluarga yang kondisinya sulit akan perekonomian, tantangannya; antara bisa bertahan hidup dan tidaknya.

“Waktu lahir Rian sempat menjalani operasi dikarenakan ususnya ada diluar perut dan operasi telapak kaki serta pinggulnya yang bengkok. Tapi dikarenakan tidak memiliki biaya, akhirnya operasipun tertunda dan sekarang dilanjutkan kembali untuk dilakukan operasi di RSUD Hasan Sadikin Bandung,” kata Budi Arya.

Keterangan dari pihak keluarga (ayah Rian), Kelainan yang diderita anaknya langka. Dokter menyebutnya dengan istilah; EKSTROSI KLOAKA.

“Kami bingung untuk masalah biaya kami selama dirumah sakit. Pembelian obat walaupun sudah mempunyai BPJS tapi ada obat – obatan yang tidak ditanggung oleh BPJS,” Kata Deni sang ayah Rian.

Keadaan perekonomian keluarga kami sangat rendah, Deni sang ayah bingung mencari solusi.

“Belum lagi pasca operasi dan pemulihan saya sebagai tulang punggung keluarga sekarang pun tidak kerja. Saya berharap ada yang terketuk hati guna membantu pembiayayan anak saya,” papar sang ayah dengan raut wajah sedih dengan mengusap Airmata Aipun merasa bingung harus berbuat apa.

Melihat dan mendengar kondisi yang demikian, Ketua RT setempatpun tidak tinggal diam dan ada masyarakat yang peduli membantu alakadarnya hingga Rian dapat dibawa ke RSUD Hasan Sadikin Bandung.

“Pihak keluarga pun masih membutuhkan uluran tangan semua pihak, agar beban keluarga dapat terbantu meringankan,” tutur ketua RT.

Masih kata Ketua RT, untuk masyarakat yang ingin membantu meringankan saudara Rian dan Keluarganya, bisa datang ke RT 001 RW. 007 Kelurahan Jayamekar, Kecamatan Baros, Kabupaten Sukabumi atau langsung menghubungi Ayah Rian (Dedi Sutiawan) dengan nomor Hp. 085720124985 dan bagi yang mau menyumbangkan sebagian Rezekinya ke Rekening BCA dengan Nomor Rekening 1810396179 atas nama; Yesi Apriani.

“Diharapkan kepada masyarakat, donatur, rekan-rekan Ormas, LSM, OKP dan Wartawan serta Pemda Kota Sukabumi untuk terketuk hatinya mengadakan gerakan untuk mengumpulkan sumbangan membantu saudara kita guna meringankan bebannya.” Pungkasnya.

 

Laporan : Team INDES/ ADIRIN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here