oleh

Kamagayo Carnival Ke-6: Bangkitkan Semangat Muda Berkarya untuk Grobogan Berbudaya

GROBOGAN, KAPERNEWS.COM – Kamagayo Carnival yang ke-6 diselenggarakan di Desa Wisata Banjarejo, Sabtu (9/2/2019). Acara terdiri dari beberapa rangkaian agenda, seperti sosialisasi kampus, bakti sosial dan ditutup dengan panggung budaya.

Sejak 2014 kegiatan diselenggarakan setiap tahun oleh mahasiswa-mahasiswi Grobogan yang menempuh pendidikan di Yogyakarta.

Dengan tema Bangkitkan Semangat Muda Berkarya untuk Grobogan Berbudaya, acara menampilkan tari Gambyong Pareanom yang dibawakan oleh 1000 pelajar dari Kabupaten Grobogan. Selain itu juga menampilkan beberapa kesenian daerah seperti Tari Batik Grobogan, Tari Angguk, Keroncong, serta dimeriahkan juga kreasi kreatif Batik Carnival (GCC) dan Drumblek Laskar Pandawa. Juga ada stand-stand produk-produk kreatif dan kuliner khas dari Kabupaten Grobogan, yang dimaksudkan sebagai langkah untuk mendongkrak perekonomian masyarakat.

Menurut Mukhlis (20) selaku Ketua Panitia penyelenggara, Kamagayo Carnival merupakan sebuah sebuah bentuk pengabdian kepada masyarakat Grobogan.

“Sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat, acara ini bertujuan untuk melestarikan kebudayaan daerah yang sekarang sudah mulai dilupakan oleh masyarakat, khususnya generasi milenial”, tutur mahasiswa UIN Sunan Kalijaga itu.

Selain panitia yang berasal dari mahasiswa-mahasiswi Grobogan, acara yang dihadiri lebih dari dua ribu penonton tersebut melibatkan kerjasama banyak pihak. Mulai dari dinas terkait, kelompok sadar wisata Desa Banjarejo, sponsorship, pemuda desa dan para pelajar.

Menurut Ahmad Taufik (38), selaku Kepala Desa Banjarejo, bahwa tujuan Kamagayo Carnival tahun ini dilaksanakan di desa Banjarejo adalah untuk memperkenalkan potensi desa wisata yang ada.

“Untuk nanti malam akan ada pementasan musik pop, keroncong dan reggae. Saya senang adanya kegiatan ini dan berharap selain memperkenalkan desa wisata yang ada di Kabupaten Grobogan, semoga juga meningkatkan perekonomian masyarakat juga,” terang Kepala Desa murah senyum yang baru saja terpilih untuk kedua kalinya tersebut.

Laporan: Eko Arifianto

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed