oleh

Hati-hati Terima Vidio Gempa, “Air Laut Surut 15 Meter di Banten Hoax”

BANTEN, KAPERNEWS.COM – Sebuah video yang memperlihatkan proses evakuasi truk-truk di Pelabuhan Banten beredar via WhatsApp. Dalam rekaman video amatir tersebut, narasi yang disampaikan perekam video adalah telah terjadi surut air laut mencapai 15 meter di pelabuhan Banten

General Manager Pelabuhan Banten Agus Hendriyanto mengatakan narasi dalam video tersebut hoax. Namun ia tak menyangkal bahwa video itu benar proses evakuasi di area Pelabuhan Banten.

“Jadi memang itu video itu bener, itu proses evakuasi sesuai SOP sebenernya relatif aman, cuma narasinya yang hoax itu,” kata Agus kepada detikcom, Jumat (2/8/2019).

Pihaknya tengah mencari perekam video yang menyatakan keadaan air laut surut mencapai 15 meter. Jika benar penjaga pos pelabuhan yang merekam, Agus akan memprosesnya.

“Kalau itu penjaga pos kami akan proses besok. Jadi minta tolong ya itu hoax,” ujarnya.

Dalam video berdurasi 24 detik itu, perekam merekam gambar truk-truk dievakuasi ke luar pelabuhan. Perekam mengatakan air laut di Pelabuhan Banten surut 15 meter.

Gempa terjadi di Banten dengan magnitudo 7,4. BMKG belum mencabut peringatan potensi tsunami hingga pukul 21.00 WIB. Gempa yang terjadi di perairan di Kecamatan Sumur, Pandeglang, itu terjadi pada pukul 19.03 WIB. (Wanda)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed