oleh

Bupati Garut : Mistik Badawang Pasirwaru Hebat

GARUT, KAPERNEWS.COM – Bupati Garut Rudy Gunawan S.H., M.H mengantarkan wayang raksasa yang dijuluki Badawang Pasirwaru kesaung Badawang, Kamis malam di Gunung Sanghiang, (19/9/19).

Pantauan media, Badawang ini tampil diacara Kemah Budaya, dengan mistiknya, sang pawang terlihat menyalakan dupa (menyan) ditengah-tengah kerumunan penonton dan Bupati Garut beserta muspika dan jajarannya.
https://www.kapernews.com/wp-content/uploads/2019/09/IMG-20190919-WA0096.jpg
DImana, diyakini pawang Badawang, dalam melakukan bakar kemenyan tersebut, selain memberikan do’a kepada leluhur yang ada di gunung Sanghiang, juga untuk mengundang dan meberikan penghormatan kepada leluhurny (Badawang).

Badawang atau wayang raksasa nampak bergerak setelah disapa Bupati Garut yang didampingi pawangnya, setelah melakukan atraksi, Badawangpun diantar Bupati ke saung tempat Badawang dipajang.

Dalam aksi Badawang Pasirwaru, terlihat para pengunjung dan masyarakat sekitar membludak menyaksikan seni dan budaya Badawang yang merupakan khas Desa Pasirwaru.

Bupati Garut Rudy Gunawan setelah mengantarkan Badawang Pasirwaru menyebutkan, ini merupakan seni dan budaya luar biasa.

“Badawang Pasirwaru ini merupakan kesenian hebat, karena meskipun ada mistiknya, tetapi masih bisa dikendalikan,” kata Rudy Gunawan didepan saung Badawang, Kamis malam (19/9/19).

Rudy juga menyebutkan, kesenian Badawang Pasirwaru ini bukan hanya didaerah, tetapi sudah tampil di tingkat kabupaten, bahkan setiap hari jadi Garut suka ada dan diundang.

“Kesenian Badawang Pasirwaru suka diundang saat hari jadi Garut, dan untuk tahun depan, kesenian Badawang harus lebih dikembangkan, saya akan membantu anggarannya dari Pemkab Garut,” ujarnya.

Nanti, kata Rudy, buatkan proposalnya dannbawa langsung ke saya ya, tutupnya didampingi Camat Limbangan, Kapolsek dan Danramil Limbngan di gunung Sanghiang. (Apdar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed