oleh

Bupati Garut Dikibulin?, “Mungkinkah Laporan ABS?”

Catatan Opini Mang Kaper

Bupati Garut selalu menggembar gemborkan kinerja dan prestasi dalam menjalankan roda pemerintahannya, namun sungguh disayangkan, ngabretnya Bupati Garut Rudy Gunawan dengan pasangannya Helmi Budiman tidak sengabret apa yang sebenarnya.

Dalam penelusuran kapernews.com, setiap Bupati, Wakil Bupati melakukan kunjungan kesuatu tempat, pastinya akan diikuti oleh pejabat struktural lain dan yang ada didaerah tersebut untuk memenuhi keperluan/kebutuhan pimpinannya (Bupati).

Seperti yang dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Garut, setiap Bupati ada kegiatan, pastinya ada untuk mendokumentasikannya dengan tim-tim tertentu. Namun Diskominfo bukan hanya memiliki tim dokumentasi, tetapi mungkin Diskominfo juga memiliki tim untuk melayani publik karena merupakan atasan dari PPID dari setiap SKPD.

Sayang, PPID untuk memenuhi kebutuhan informasi sepertinya tidak dijalankan, seperti ketika publik mengecek informasi ke akun http://sidogar.garutkab.go.id/cat/informasi-berkala yang cukup memuat banyak informasi sebagaimana diatur dalam Undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik hingga Perbup nomor 21 tahun 2017 tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi Dan Dokumentasi Publik Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut

Apabila diamati, oknum di Kabupaten Garut telah melakukan Deceitful practice, yaitu praktek-praktek kebohongan, tidak jujur terhadap publik, masyarakat disuguhi informasi yang menjebak, informasi yang tidak sebenarnya, untuk kepentingan birokrat.

PPID atau oknum SKPD Kabupaten Garut telah melakukan hal kronis dalam penyakit-penyakit birokrasi (Bureaupathologis), antara lain Indecision, Red Tape, Cicumloution dan sycophancy yaitu kecenderungan penyakit birokrat untuk menjilat pada atasannya. Ada gejala Asal Bapak senang. Kecenderungan birokrat melayani individu atasannya, bukan melayani publik dan hati nurani. Gejala ini bisa juga dikatakan loyalitas pada individu, bukan loyalitas pada publik.

Opini ini disuguhkan untuk menjadi perbaikan, bukan untuk menjadi perdebatan semata. Silahkan mengirimkan saran, pendapat, kritik dan masukannya untuk menjadi lebih baik. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed