oleh

Akhirnya Banyak Pemimpin Baru Terlahir Di Pilkades Serentak

PASANGKAYU, KAPERNEWS.COM – Puncak pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat telah resmi berakhir, setidaknya dari 69 desa yang ada, sebanyak 21 desa melangsungkan pesta demokrasi enam tahunan ini, Selasa 12/11 kemarin.

Masing -masing desa yang mengikuti perhelatan ini telah resmi memiliki kepala desa terpilih.Para kades terpilih rata-rata merupakan wajah baru. Hanya sebagian kecil incumbent yang mampu bertahan dalam pilkades serentak tersebut.

Dari 21 desa yang melaksanakan pemilihan kepala desa, ini tersebar di 10 kecamatan.

Kecamatan Bulutaba tercatat yang paling banyak melaksanakan pilkades yakni Desa Karave dengan kades terpilih Suhardi memperoleh  suara sebanyak 910, desa Lelejae Bahtiar 530 suara, desa Sumber Sari I Nyoman Gede Mariana.S.Sos 112 suara, desa Ompi M.Tahir 322 suara.

Disusul kecamatan Bambaira yang melaksanakan pilkades di tiga desa, Rahmatullah pendatang baru juga seorang pengusaha yang bertarung di desa Bambaira berhasil keluar sebagai pemenang dengan perolehan sebanyak 605 suara, kemudian Makmur yang tampil sebagai pemenang di desa Kasuloang dengan capaian 443 suara, berikut salah satu incumbent Nurdin M tetap di dapuk sebagai nahkoda oleh mayoritas masyarakat desa Kalukunangka dengan total 834 suara.

Berikut Kecamatan Lariang menghelat pilkades di tiga tempat, Ketut Langga yang memperoleh suara 230 akhirnya jadi kampium di desa Bajawali, Matius Serang juga keluar sebagai pemenang di desa Parabu dengan torehan 267 suara dan masyarakat desa Kenangan kembali mengukuhkan Fredrik Paparang menjadi kepala desa dengan capain 160 suara.

Kecamatan Bambalamotu beberapa bulan yang lalu melaksanakan pemilihan kepala desa pengganti antar waktu pun turut menghelat pilkades, 586 jadi suara mayoritas masyarakat desa Polewali dan masih masih mempercakan pada Mujais sebagai pemimpinnya untuk mengelola tata pemerintahan di desanya.
Ahmad Kharli dengan 751 suara yang juga putera mantan kepala desa pertama desa Randomayang Harun Pawelloi masih terlalu kuat bagi pendatang baru lainnya.

Kecamatan Tikke Raya juga turut menghelat pilkades di dua desanya, yakni desa Makmur Jaya yang melahirkan Ahmad Haeruddin sebagai pemimpin baru enam tahun kedepan dengan 660 suara.
Desa Lariang, suara mayoritas masih dipercayakan kepada sang petahana Firman dengan torehan 1.130 suara sekaligus menjadi perolehan suara terbesar di ajang pilkades Pasangkayu yang di helat saat ini.

Kecamatan Baras juga menghadirkan dua pendatang baru sekalis pemimpin baru di desa masing -masing. Mansyur dengan 455 suara terpilih di desa Kasano dan Hj.Hermawati dengan 669 suara menjadi kepala desa di desa Balanti.

Kecamatan Pedongga, Sarudu dan Dapurang juga masing -masing mengikutkan satu desa untuk melaksanakan pilkades serentak. Desa Pedanda,Wahyudi dengan 265 suara,desa Kumasari, Herianto dengan 357 suara dan desa Benggaulu, Muh. Basri dengan perolehan 469 suara.  (ASW)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *