oleh

Targetkan 17,8%, BPS Awali Sensus Penduduk Di Kediaman Plt Bupati Lampung Selatan

-Pemerintahan-1.133 views

LAMSEL, KAPERNEWS. COM – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lampung Selatan, mengawali sensus penduduk Tahun 2020 secara online, yang di mulai dari Rumah Dinas (Rumdin) Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, Minggu (16/02/2020).

Kepala BPS Lampung Selatan, Tri Kuntjoro mengatakan, periode Sensus Penduduk Online (SP Online) serentak di seluruh Indonesia dimulai sejak hari Sabtu 15 Februari–31 Maret 2020. Di Lampung Selatan, awali di Rumdin Bupati Kabupaten Lampung Selatan.

“Hari ini kita telah selesai melakukan pendampingan pengisian SP Online di kediaman Pak Bupati, yang selanjutnya berharap ini bisa diikuti oleh seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Lampung Selatan, dari Sekretaris Daerah (Sekda) hingga ke aparatur yang ada di desa,” ujar Tri Kuntjoro saat ditemui.

Tri Kuntjoro menyampaikan, bahwa pelaksanaan sensus penduduk secara online merupakan program nasional yang harus diikuti seluruh masyarakat dalam rangka memperbaharui data kependudukan menuju Satu Data Indonesia (SDI).

“Ini berbeda dengan (sensus) 10 Tahun yang lalu atau sebelumnya. Kita berkolaborasi dengan Dinas Dukcapil menggunakan database dari mereka untuk mewujudkan Satu Data Indonesia – Satu Data Kependudukan Indonesia, (SDI -SDKI) ” tuturnya.

Tri Kuntjoro menjelaskan, pengisian sensus penduduk system online 2020 melalui situs resmi sensus.bps.go.id. “Lampung Selatan targetnya 17,8 % atau sekitar 55 ribu KK yang mengisi SP Online. Selebihnya kita lakukan Sensus Wawancara,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pengisian sensus penduduk online melalui situs resmi sensus.bps.go.id menggunakan gadget atau smartphone, laptop dan PC.

Langkah pertama, yakni masyarakat tinggal membuka situs resmi Sensus Penduduk sensus.bps.go.id dengan mengisikan data berdasarkan Kartu Keluarga (KK) atau nomor buku nikah bagi yang sudah berkeluarga.

“Bagi masyarakat yang tidak memiliki gadget atau tidak ada akses internet, gak usah khawatir. Nanti bulan Juli, 1.500 petugas sensus akan kita sebar ke pelosok-pelosok untuk melakukan Sensus Penduduk Wawancara. Intinya semua masyarakat pasti akan tercatat baik secara online maupun wawancara,” tandasnya.

Sementara, didampingi petugas BPS Lampung Selatan, Plt Bupati H. Nanang Ermanto bersama istri Hj. Winarni mengisi langsung data sensus penduduk 2020 melalui situs sensus.bps.go.id.

Nanang Ermanto pun meminta seluruh pejabat setempat, mulai dari Kepala OPD, camat, lurah dan kepala desa turut menyukseskan sensus penduduk secara online dan ikut menyampaikan informasi kepada masyarakat.

“Sebagai warga negara Indonesia, harus mengisi Sensus Penduduk Online 2020. Untuk itu, saya mengimbau seluruh pejabat serta seluruh lapisan masyarakat untuk mengupdate data diri melalui situs sensus.bps.go.id,” pungkasnya.

(Az/ R.YS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed