oleh

Listrik Tiba-tiba Menyala, Petugas PLN Garut Tersengat Hingga Luka Bakar Ditubuhnya

GARUT, KAPERNEWS.COM – Salah satu petugas dari mitra kerja PLN, PT. Haliyora tersengat listrik tegangan tinggi saat menjalankan tugas di Kampung Babakan Samida Rt. 01 Rw. 04 Desa Samida Kecamatan Selaawi Kabupaten Garut pada Mingu (22/3/2020) siang.

Dihubungi melalui sambungan selulernya, Ikbal selaku kepala PLN Leles membenarkan adanya kejadian tersebut.

“Kebetulan iini saya lagi sidang lagi sama PLN Pusat lagi di rapatin sama pihak audit juga, kebetulan lagi di Leles”, kata Ikbal, Senin (23/3/2020) kepada kapernews.com .

Menurut pengakuan Ikbal, kalau dari sisi kejadian itu sudah oke, sudah betul tapi ada anomaly peralatan proteksi kita yang tiba-tiba masuk sendiri. Anomaly itu kaya kelainan di alat-alat proteksinya, jadi mungkin ada anomaly itu, jelasnya.

“Jadi kelainan dari anomaly itu masuk sendiri, harusnya ada terdeteksi, makanya ini ada proteksi yang tidak bekerja,” jelas Ikbal.

Mungkinkah ada kelalaian dari PLN?

Ikbal juga menampik akan adanya dugaan kelalaian dari pihak PLN. Ini murni, memang dari alat yang tidak bekerja secara maksimal, alat tersebut sudah dipasang baru dua bulan, makanya kita lagi rapat dulu, investigasi penyebab dari alatnya itu apa, ujarnya.

Listrik Tiba-Tiba Menyala

Terpisah, warga sekitar membenarkan adanya petugas PLN yang tersengat kemarin (Minggu/22/3/2020) siang. Dia (petugas) datang 2 orang waktu itu.

“Jadi awalnya mati lampu di kampung babakan Samida, lalu sekitar 30 menitan datang petugas PLN dua orang, dan kami tau-taunya petugas tersebut sudah tergeletak diatas coran rumah lantai dua karena tersengat jalur tegangan tinggi,” kata salah satu warga, H. Amis Sumirta saat ditemui dikediamannya, Senin (23/03/2020).

Jadi, kata Amir, setelah tersengat, warga membantu mengevakuasi, dan mungkin karena jarak yang cukup jauh, bantuan petugas PLN lain lama dan baru dating setelah sekitar sperempat jam. Korban cukup lama diatas banguan rumah, tapi saya taunya korban sudah jatuh dari lantai atas kebawah yang dievakuasi bareng warga.

“”Sekitar seperempat jam petugas PLN dating membantu rekannya yang tersengat itu, mungkin karena jauh dari Limbangan jadi agak lama”, tuturnya.

Warga juga heran, kok bisa tiba-tiba listriknya bisa menyala, padahal petugas PLN sedang memperbaiki jaringan yang mungkin ada bambu di jalur itu.

Hingga berita ini diturunkan, kapernews.com masih menunggu klarifikasi pihak korban (petugas PLN). (Asep Apdar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *