oleh

Jubir Pemerintah Covid-19 Sebut Yang Miskin Tidak Menularkan Penyakit Ke Yang Kaya, dr.Tirta : Kalau Ngomong Dipikir Pak

JAKARTA – Isi pidato juru bicara pemerintah untuk penanganan Civid-19 Ahmad Yurianto pada Jum’at, 27 Maret 2020 mendapat kritikan pedas dari berbagai kalangan, diantaranya dari dr. Tirta melalui akun instagram pribadinya yang kemudian viral diberbagai media sosial.

Isi pidato Ahmad Yunianto ditengah pandemi Covid-19 ini yaitu yang kaya melindungi yang miskin agar bisa hidup dengan wajar dan yang miskin melindungi yang kaya agar tidak menularkan penyakit, ujar Ahmad Yuniarto seperti dilansir dari akun YouTube BNPB Indonesia.

Sementara, dr. Tirta selaku tenaga medis yang saat ini menjadi garda terdepan menyayangkan statement tersebut, dimana menurutnya statement tersebut sangat mengecewakan dan kontroversial.

“Pak Jokowi, bapak itu memiliki berbagai menteri yang kordinasinya buruk, yang pertama adalah Menkes, Jubir Menkes hari ini melakukan blunder lagi dengan mengeluarkan statement menurut saya sangat-sangat mengecewakan, yang jujur kontoversial,” kata dr. Tirta dalam akun Ignya yang tersebar di media sosial, Sabtu (28/3/2020).

Pak Menkes, pak Jubir asal kalian tahu bahwa kami tenaga medis berjuang digarda terdepan itu mempertaruhkan nyawa pak, kata dr. Tirta.

Tak hanya dr. Tirta, Sohibul Iman juga sempat meragukan kebenaran video berisi pidato Yurianto yang telah viral di media sosial itu. Apalagi dalam pidato tersebut, Jubir untuk penanganan Covid-19 ini mengaitkan virus Corona dengan status sosial.

Sohibul tak menyangka ucapan itu bisa disampaikan oleh juru bicara yang ditunjuk langsung oleh Presiden Joko Widodo.

“Saya ragu dengan video ini, tapi setelah tanya ke beberapa pihak sepertinya bukan hoaks. Apa ya gunanya mengaitkan soal menolong orang dan menularkan penyakit dengan status sosial ekonomi? Seolah yang bisa nolong itu hanya yang kaya dan yang bisa nularin penyakit hanya orang miskin? Saya cc ke pak @jokowi ya,” tulis akun twitter @msi_sohibuliman.

Selain itu, banyak warganet juga mengkritik Yurianto karena kecewa dengan pernyataan yang dilontarkan itu. Seperti pemilik akun @VickyFrmansyah9 juga menyampaikan rasa kecewanya kepada orang yang dipercaya Jokowi untuk menyampaikan perkembangan virus Corona di Indonesia itu.

“Mikirnyaaa yang bener dong pak, orang kaya melindungi yang miskin? Maksudnya? Tumbal? Orang miskin melindungi yang kaya agar tidak menularkan penyakit? Maksudnya? Kami itu berbentuk virus? Ngomongnya pake otak dong bapak jubir menkes,” tulis akun @VickyFrmansyah9.

“Mikir dong ini virus bukan dari orang miskin ini virus gak kenal jabatan omong kok seenaknya aja. #KarantinaWilayah,” ucap pemilik akun @ardianibn. (Red/Di)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *