oleh

125 Ribu Calon Penerima BPNT Baru di Garut, Pudjiono : Agen Mandiri Harus Siap Memenuhi Kebutuhan KPM

GARUT, KAPERNEWS.COM – Dimasa pandemic Covid-19, Pemerintah melalui Kementerian Sosial telah mengeluarkan tambahan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), kali ini Bank yang akan menjadi penyalur BPNT adalah Bank Mandiri.

Kabupaten Garut sendiri mendapat tambahan kuota sebanyak 125 ribu KPM, namun dari data Kemensos yang diterima Bank Mandiri hanya 112 ribu KPM.

Baca juga :

“Kita diberi tugas yang perluasannya saja kalau dari Pemkab kemarin sekitar 125 ribu se-kabupaten Garut, kalau yang turun dari Kemensos kepada kami (Bank Mandiri  red…) 112 ribuan, adapun yang eksisting masih di agen BNI, tapi mungkin berjalan beberapa bulan, nantinya tergantung Kemensos apakah dialihkan ke kita semuanya atau berdampingan.” Jelas Kepala Cabang Bank Mandiri Kabupaten Garut, Pudjiono dihalaman gedung wakil rakyat DPRD Garut, Senin (4/5/2020) kepada Kapernews.com.

Adapun syarat untuk menjadi agen Mandiri, Pudjiono menyebutkan agen itu harus ada usaha kelontong dan harus siap menyediakan kebutuhan bahan pokok seperti yang diamanatkan pemerintah. Baik seperti protein, nabati dan lainnya.

Baca juga :

Pudjiono berharap, ada bantuan dari Pemerintahan Desa dan Pemkab juga, diharapkan agen-agen yang kita akuisisi sesuai dengan Pedoman Umum (Pedum), harapnya.

Adapun agen yang sudah didata oleh petugas, nantinya Bank Mandiri akan melakukann evaluasi dan monitor setiap bulannya.

“Sejauh ini kita serahkan kepada agen, dan kita pastikan bahwa agen tersebut mampu menyediakan kebutuhan KPM, adapun nanti ada keluhan dari KPM, Pemerintah Desa, kami setiap bulannya akan melakukan evaluasi dan monitor ke agen-agen,” aku Pudjiono.

Pudjiono meminta, mohon support dari temen-temen media juga, terkait akuisisi agen, kita juga pinginnya sesuai dengan Pedum, terkadang dilapangan ada beberapa kebijakan juga, tapi yang penting bagi kami transaksinya KPM itu lancar, imbuhnya.

Baca juga :

Adapun bagi masyarakat yang akan menjadi agen Mandiri yang baru ini harus ada semacam referensi dari Desa saja bahwa agen ini bisa menyuplai kebutuhan KPM, ucapnya mengulangi.

Bank Mandiri saat ini menyiapkan tim Bansos untuk menangani keluhan atau kendala seperti terjadinya eror , bahkan satu VIC nantinya akan memegang beberapa agen agar keluhan KPM tersebut cepat teratasi.

“Adapun ketika ada keluhan nantinya, Bank Mandiri telah membentuk tim Bansosnya sendiri. Jadi bisa berkoordasi dengan tim bansosnya, kalau di Garut saya belum tahu, kalau di beberapa kota sudah berjalan. bahkan ada hotline-nya juga. Intinya tim kami dari tim VIC ada yang memegang beberapa agen, supaya apabila ada eror, ada tanggapan cepat, kalau kode eror mereka bisa langsung cepet solusinya harus bagaimana gitu, sudah disiapkan tata caranya, jadi KPM pun kalau harus menunggu ada kepastian,” tutupnya. (Asep Apdar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed