oleh

Mulai Ramai, Pemkot Solo Siapkan Rapid Test Di Pasar dan Pusat Perbelanjaan

-Peristiwa-1.361 views

SOLO, KAPERNEWS.COM – Dalam waktu dekat Pemerintah Kota (Pemkot) Solo bakal melakukan rapid test di pasar-pasar tradisional dan pusat perbelanjaan. Hal itu dilakukan untuk memastikan ada atau tidaknya penyebaran virus di tempat-tempat yang belakangan mulai ramai itu.

Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solo, Ahyani mengatakan, untuk pasar tradisional, rapid test sudah dilaksanakan di beberapa lokasi yang ramai dengan pengunjung dan menggunakan sistem random sampling.

“Yang sudah itu di Pasar Harjodaksino, Pasar Legi, Pasar Gede, dan Pasar Kadipolo. Pedagangnya dipilih acak untuk dilakukan rapid test, sampai saat ini belum ada yang hasilnya menunjukkan positif,” jelasnya saat Jumpa Pers Covid-19 di Kompleks Balaikota Solo, Senin (18/5/2020).

Menurut Ahyani, alat rapid test yang akan digunakan di pusat perbelanjaan atau mal juga sudah siap. Maka bisa diterapkan hal yang sama sebagaimana yang dilakukan di pasar tradisional, yang mana dipilih berdasarkan tingkat kunjungan warga.

“Belajar dari daerah lain di mana sudah ada pedagang pasar yang positif Covid-19, kemudian juga di Jogja beberapa waktu lalu juga ada karyawan supermarket yang positif Covid-19. Di sisi lain, saat ini pasar dan juga pusat perbelanjaan sudah mulai ramai kembali, artinya interaksi masyarakat kembali tinggi, sehingga perlu dilakukan antisipasi agar tidak menyebar,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih mengatakan, alat rapid test yang digunakan untuk pedagang pasar merupakan bantuan dari pusat yang disalurkan provinsi.

“Tapi ada juga yang kami beli sendiri,” tandasnya.

(Sigit Wibowo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed