oleh

2,5 Jam Kebakaran Di Kradenan, Setengah Milyar Lebih Jadi Arang

BLORA, KAPERNEWS.COM – Telah terjadi kebakaran rumah di Dukuh Sambonganyar RT.04/ RT.09 turut Desa Sumber, Kecamatan Kradenan Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Minggu (24/5/2020) sekitar pukul 23.00 WIB.

“Kebakaran diduga disebabkan korsleting aliran listrik,” tulis Satpol PP Kecamatan Kradenan dalam laporannya.

Walau tidak ada korban jiwa, diperkirakan kerugian mencapai Rp525juta.

Para korban yang rumahnya terbakar di antaranya adalah Wagirah. Sebuah rumahnya dengan ukuran 4×4 meter terbakar sebagian, diperkirakan kerugian sekitar Rp10juta.

Purwanto pun sama, 2 rumah bekuk lulang beralaskan kayu gladak habis dengan ukuran 9x12x3 meter, sepeda motor 1 unit, meja dan kursi, almari 2 unit serta surat penting. Diperkirakan kerugian Rp200juta.

Begitu juga Pasir, 2 rumah bekuk lulang beralaskan kayu gladak sebagian ukuran 9x12x3 meter. Diperkirakan kerugian Rp150juta.

Tetangganya bernama Maridin mengalami nasib serupa. 2 rumah bekuk lulang habis dengan ukuran 9x12x3 meter, diesel 1 unit.  Diperkirakan kerugian Rp150juta.

Lampen, sebagian rumahnya juga terbakar. Diperkirakan kerugian Rp15juta.

Saksi-saksi kejadian adalah Cipto, Sipan dan Sutrisno, para warga yang berprofesi petani.

Dikatakan bahwa kronologi kejadian berawal ketika warga bernama Purwanto sekitar pukul 23.00 WIB melihat api membakar atap rumah.

Purwanto lalu berteriak membangunkan warga sekitar untuk meminta pertolongan. Karena rumah yang terbuat dari kayu dan berdekatan, maka api dengan cepat menjalar melahap rumah-rumah di dekatnya.

Warga bergotong-royong membantu memadamkan api dengan air PDAM sambil menunggu bantuan Pemadam kebakaran (Damkar) Blora.

Sekitar 1 jam 46 menit kemudian barulah bantuan Damkar Kabupaten Blora tiba di lokasi dan turut membantu memadamkan api.

Terpisah, Kepala Satpol PP Kabupaten Blora Djoko Sulistiyono saat dikonfirmasi Kapernews.com mengatakan bahwa selain informasi yang diterima agak terlambat, kondisi geografis Blora juga menyebabkan mobil Damkar tidak bisa bergerak dengan kecepatan maksimal.

“Kita dapat laporan dari warga ada kejadian kebakaran di Kradenan pukul 23.50 an, Mas. Padahal informasi kebakarannya terjadi mulai pukul 23.00 WIB. Ada sela waktu hampir 1 jam. Dan setelah mendapat laporan Damkar lansung meluncur ke TKP dengan jarak lebih kurang 40an kilometer. Itu yang bisa saya jelaskan,” pungkasnya.

Setelah dapat bantuan pemadaman dari Damkar, api padam sekitar pukul 01.15 WIB.

(Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed