oleh

Silaturahmi ke Sedulur Sikep Samin, Arief Rohman dan Relawan Kunjungi Dukuh Kembang

BLORA, KAPERNEWS.COM – Dalam rangka menjalin silaturahmi dengan sedulur-sedulur Samin Titen dan menjaring aspirasi masyarakat adat di Kabupaten Blora, Calon Bupati (Cabup) Blora, H. Arief Rohman, M.Si melakukan kunjungan ke tokoh sedulur Samin Titen di Dukuh Kembang turut Desa Jurangjero, Kecamatan Bogorejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Jum’at (29/5/2020) sekitar pukul 14.00 WIB. Kunjungannya ke desa tertinggi di pegunungan Kendeng Utara didampingi oleh para Relawan Sesarengan nJogo Blora.

“Lha pancen bener ngene, nek pengin ngerti lan ketemu karo dulure yo ora keno wakilan (Memang benar seperti ini, kalau ingin tahu dan bertemu dengan saudaranya ya tidak boleh diwakilkan),” kata Joko Mulyono sesepuh Samin Titen Dukuh Kembang, Desa Jurangjero, Kecamatan Bogorejo, Kabupaten Blora, saat menemui Arief Rohman beserta rombongan, Jum’at (29/5/2020).

Dalam kunjungannya, Arief Rohman juga menjaring aspirasi masyarakat seperti pengembangan sektor pertanian.

“Wilayah sini sebetulnya bagus untuk budidaya tanaman buah seperti alpukat. Selain menjaga kesuburan tanah, bisa juga meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar Eram, tokoh sedulur Sikep yang kerap disapa dengan panggilan Pak Bibit ini dengan bahasa Jawa.

Selain sektor pertanian, dibahas pula upaya pelestarian adat dan tradisi seperti rencana pembangunan rumah adat pendopo Samin tempat pertemuan sedulur-sedulur Sikep.

“Iya, kita ingin bertemu dan silaturahmi dengan sedulur-sedulur Sikep, Mas. Selain itu kita ingin meminta masukan dari tokoh-tokoh masyarakat adat di Dukuh Kembang, Desa Jurangjero, seperti masukan pembangunan pendopo Samin,” kata Arief Rohman kepada Kapernews.com, Jum’at (29/5/2020).

Menurut Arief, dalam perbincangan bersama para tokoh masyarakat adat diperoleh gambaran tentang perlunya menjaga kerukunan lintas agama dan kepercayaan untuk bersama-sama membangun Blora ke depan.

“Penerimaan sedulur-sedulur Sikep Dukuh Kembang Desa Jurangjero sangat luar biasa. Termasuk masukan-masukan yang diberikan, seperti tentang kejujuran dan kerukunan,” jelas pria murah senyum ini.

Rencananya Cabup Blora Arief Rohman akan terus menyusuri daerah-daerah yang belum dikunjungi, termasuk bersilaturahmi ke sesepuh dan tokoh-tokoh masyarakat adat di seluruh wilayah di Kabupaten Blora untuk memahami apa yang menjadi potensi wilayah dan menampung aspirasi sedulur-sedulur Sikep dan Samin Titen.

(Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed