oleh

Mensos Akan Gandeng Ormas Dalam Salurkan Bansos, “GP Ansor Dan GAMKI Telah Dilibatkan”

JAKARTA, KAPERNEWS.COM – Dalam menyalurkan bantuan sosial (Bansos) kepada warga terdampak Covid-19 di daerah, Menteri Sosial Juliari Batubara bakal menggandeng organisasi masyarakat (ormas).

Dikatakannya, kerjasama tersebut diperlukan agar penyaluran bantuan ke masyarakat lebih tepat sasaran.

“Kami merangkul ormas bahkan komunitas yang tidak hanya diberikan bantuan tapi juga memberikan bantuan dari kami. Kami sadar dan yakin kami tidak bisa memiliki jangkauan yang 100 persen kepada warga terdampak,” ucapnya dalam diskusi virtual, Rabu (24/6).

Baca juga :

Menurutnya, kemitraan pemerintah dengan masyarakat termasuk ormas sangat diperlukan untuk menangani berbagai masalah. Sehingga, Juliari berharap pandemi covid-19 jadi awal yang baik untuk membangun kerjasama yang lebih luas dengan ormas.

Terlebih, pemerintah punya banyak keterbatasan untuk dapat mendistribusikan bantuan secara tepat sasaran. Terkait data, misalnya, pembaharuan data yang dilakukan Kemensos tahun ini tak bisa optimal karena adanya realokasi dan refocusing anggaran.

“Jadi kalau saya harus menjawab soal data, Kemensos tidak bisa bekerja sendirian. Karena adanya pemotongan anggaran jadi pemutakhiran data terpotong jadi kita nggak bisa apa apa,” tuturnya.

Baca juga :

Sejauh ini, Kemensos sendiri telah melibatkan beberapa ormas seperti Gerakan Pemuda Ansor dan Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) dalam pendistribusian bantuan sosial bagi warga terdampak covid-19.

Dua ormas tersebut masing-masing membantu penyaluran seribu paket sembako. “Sebelumnya bukan hubungan kami tidak erat, tapi tidak adanya hubungan formal, tanpa adanya suatu pekerjaan yang bisa dikerjakan bersama-sama,” tuturnya. (Edo/Cnn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed