oleh

KPU Pasangkayu Gelar Forum Warga Berbasis Keluarga

PASANGKAYU, KAPERNEWS.COM – Partisipasi masyarakat dalam setiap pemilihan umum memiliki peran sangat urgen. Keterlibatan pemilih atau warga secara aktif memberi legitimasi yang kuat sebab menjadi gambaran dukungan masyarakat di setiap tahapan pemilihan.

Demikian halnya program yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat yang akan menggelar Pemilihan Serentak pada 9 Desember 2020. Bertempat di aula Kantor Kecamatan Dapurang, sebuah Forum Warga Berbasis Keluarga digelar.

Puluhan warga dari berbagai elemen menghadiri forum warga ini, termasuk Camat Dapurang, Syamsuddin, tokoh masyarakat dan perempuan, jajaran PPK serta Panwascam Dapurang.

“Kita berharap warga pemilih terus berpartisipasi aktif untuk mewujudkan pemilihan kepala daerah yang makin berkualitas,” ujar Alamsyah anggota KPU Kabupaten Pasangkayu di Dapurang, Selasa (25/8/2020).

Alat ukur kesuksesan pemilihan dapat dilihat dari berapa tinggi partisipasi masyarakat di setiap wilayah. Syamsuddin menekankan pentingnya aparat pemerintahan hingga ke tingkat desa tetap menjaga netralitas.

“Ya, secara bersama-sama kita memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan tingkat partisipasi di wilayah kita ini,” kata Camat Dapurang, Syamsuddin saat berbicara di depan forum warga.

Forum ini juga dihadiri narasumber dari Polres Pasangkayu, yang diwakili Kasat Reskrim AKP Pandu Arif Setyawan. AKP Pandu mengantar materi bertajuk “Sinergitas Polri, Penyelenggara Pemilihan dan Tokoh Masyarakat Dalam Mewujudkan Pilkada Damai.”

Koordinator Wilayah Pasangkayu, Adi Arwan Alimin, yang juga Koordiv Pendidikan Pemilihan dan Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi Sulbar pun menyampaikan materi berkaitan “Kebebasan Berpendapat Media Sosial dan Peningkatan Kualitas Pendidikan Pemilih.”

“Untuk menambah wawasan kepemiliuan warga pemilih, khususnya sosialisasi tahapan Pemilihan Serentak 2020. Forum ini juga memiliki fungsi untuk menjaring sejumlah pandangan atau pendapat warga mengenai peningkatan kualitas pemilihan di Pasangkayu,” ujar Adi Arwan Alimin.

Forum Warga Berbasis Keluarga menurut rencana akan dilaksanakan dari tanggal 25 sampai 29 Agustus pada 6 (Enam) kecamatan di kabupaten paling utara Sulbar ini. (Rls/Asw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed