oleh

Arief Rohman Hadiri Panen Perdana Terong Nasubi Petani Desa Jeruk Randublatung

BLORA, KAPERNEWS.COM – Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman, M.Si beserta istri hadiri panen perdana terong Nasubi di Dukuh Kaligawan turut Desa Jeruk, Kecamatan Randublatung, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Senin (31/8/2020) siang tadi.

“Luar biasa perjuangan sedulur-sedulur dari Serikat Perjuangan Petani (SPP) di Desa Jeruk, Kecamatan Randublatung yang memiliki produk baru yaitu terong Nasubi. Terobosan ini bisa menjadi nilai tambah untuk dulur-dulur petani di Blora,” kata Wakil Bupati Arief Rohman kepada awak media, Senin (31/8/2020).

Untuk hasil yang melimpah, menurut Mas Arief sapaan akrabnya, petani terong harus bisa merawat tanamannya dengan baik.

“Perawatannya sangat mudah. Cukup disiram dan diberi pupuk kandang, maka hasilnya akan bagus,” jelasnya.

Dijelaskan, jenis terong Nasubi ini berasal dari Jepang. Berwarna ungu tua kehitaman. Kandungan antioksidan dan vitamin B di dalamnya bermanfaat untuk mencegah beragam penyakit seperti mencegah kanker usus, kesehatan kulit, jantung, kadar gula darah, menu diet dan bermanfaat untuk pencernaan.

“Jenis terong ini bisa juga digunakan untuk pengobatan. Kandungan serat di dalam kulit terong sangat berperan untuk mengobati kanker usus, karena sebagai sumber nutrisi yang baik untuk saluran pencernaan,” ujar Exy Wijaya dari Serikat Perjuangan Petani (SPP) Blora.

Menurut Exy, terong Nasubi juga mengandung sejumlah air yang dapat memenuhi kebutuhan air tubuh.

“Terong ini enak dimakan mentah untuk sambal penyet atau lalapan. Bisa juga digoreng atau diolah dengan dicampur kuning telor dan tahu seperti rolade,” terangnya.

Di sisi lain, warga pemilik lahan, Suntoro (42), menerangkan bahwa sawah garapannya seluas seperempat hektar yang dimilikinya telah ditanami terong Nasubi.

“Sekarang ini sudah siap panen setelah 46 hari tanam,” ungkapnya.

Menurutnya, tanaman terong Nasubi tidak hanya bisa ditanam di Randublatung saja, namun bisa ditanam di desa-desa lain yang tersebar se-Kabupaten Blora.

“Yang terpenting kebutuhan air terpenuhi. Cukup memberikan pupuk kandang dengan penyiraman yang rutin akan menghasilkan hasil yang memuaskan,” pungkasnya.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed