oleh

Lakon Bimo Suci Digelar Saat Mas Arief Resmikan Kampung Pelangi Bangsri

BLORA, KAPERNEWS.COM – Pagelaran wayang kulit lakon Bimo Suci dengan dalang Ki Sigit Ariyanto diselenggarakan dalam rangka peresmian Kampung Pelangi Desa Wisata Bangsri, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Rabu (9/9/2020) kemarin malam.

Secara simbolis peresmian dilakukan oleh Wakil Bupati Blora, H. Arief Rohman, M.Si, didampingi Kepala Desa Bangsri, Laga Kusuma, dengan pemukulan gong dan dilanjutkan penyerahan tokoh wayang kepada Ki Dalang Sigit Ariyanto. Turut hadir pula jajaran Forkopimcam Jepon, dan para Kades se-Kecamatan Jepon.

Dalam sambutannya, Kades Laga Kusuma menceritakan bahwa visi pembuatan desa wisata ini muncul saat dilantik jadi Kades Bangsri.

“Pada dasarnya saya dulu ini seorang seniman, tukang gambar dan cat. Ketika melihat ada Kampung Pelangi di Semarang dan Malang ternyata kok bagus. Setelah saya riset di eks Karesidenan Pati belum ada. Sehingga muncul ide untuk bikin di Bangsri ini. Kebetulan salah satu visi misi saya saat dilantik jadi Kades adalah membuat desa wisata,” kata Laga Kusuma (29) Kades Bangsri pada awak media, Rabu (9/9/2020).

Lanjutnya, proses pengerjaan Kampung Pelangi ini pun dikerjakan secara bersama-sama dengan seluruh pemuda karang taruna dengan arahan dirinya. Anggarannya menggunakan dana desa yang telah disepakati bersama dalam musyawarah desa.

“Awalnya banyak yang mempertanyakan dan meragukan, apakah bisa kampung yang dicat warna warni dan dilukis beragam gambar mural dapat menarik kunjungan masyarakat. Ternyata sekarang terbukti dengan banyaknya pengunjung. Terlebih dengan banyaknya kegiatan yang kita gelar dengan melibatkan masyarakat lokal. Alhamdulillah dalam satu bulan kemarin bisa memperoleh sampai Rp70 jutaan,” ungkap Laga.

Dirinya menambahkan, banyaknya pengunjung ini dimanfaatkan masyarakat Bangsri dengan membuka peluang usaha berjualan minuman, kuliner, dan jajanan lainnya sehingga ekonomi desa bergeliat.

“Masih banyak ide-ide yang belum bisa kita laksanakan. Ke depan kita ingin membuat kebun bunga Chelosia juga di Kampung Pelangi ini. Agar masyarakat tidak bosan dan ingin kembali datang. Pengelolaan Kampung Pelangi ini langsung oleh para karang taruna pemuda desa di bawah BUMDes Maju Mapan,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Blora, H. Arief Rohman, M.Si dalam kesempatan tersebut mengapresiasi dan siap mendukung pengembangan Kampung Pelangi Bangsri.

“Kampung Pelangi yang digagas Mas Kades Muda Laga Kusuma ini memang top. Tidak hanya viral di Blora saja, bahkan sampai Kementerian Desa. Ini membuktikan ketika pemuda diberikan kepercayaan untuk memimpin wilayah, ternyata juga bisa dan penuh inovasi,” ujar Arief Rohman yang akrab disapa Mas Arief ini.

Sebagai bentuk dukungan pengembangan Kampung Pelangi, pihaknya siap bekerjasama mencarikan bantuan untuk program program selanjutnya.

“Kami siap mengawal dan membantu mencarikan bantuan. Misal lewat CSR perusahaan atau BUMN agar bisa diberikan untuk Desa Bangsri. Programnya apa saja, nanti kita tawarkan ke sana agar Kampung Pelangi bisa lebih baik lagi. Sedangkan untuk akses jalan yang masih rusak, tahun depan insyaallah jika kami dipercaya untuk memimpin Blora, akan kita perbaiki bersama agar mulus, tidak gronjal lagi,” pungkas calon bupati Blora yang murah senyum ini.

Protokol kesehatan dilakukan selama acara berlangsung. Terlihat sepanjang jalan banyak masyarakat berjualan untuk meraup rezeki dari para pengunjung.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed