oleh

Arca Dewa-Dewi Ditemukan di Alas Grobogan

GROBOGAN, KAPERNEWS.COM – Masyarakat digegerkan dengan penemuan arca Dewa Siwa dan Dewi Durga oleh pencari batu di kawasan Perhutani KRPH Segoro Gunung, KPH Gundih turut Desa Nglinduk, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (9/9/2020).

“Iya, hari Rabu kemarin ditemukan arca batu putih oleh warga Segoro Gunung bernama Aldini (17) yang saat itu hendak mencari batu untuk fondasi rumah,” kata Kepala Dusun (Kadus) Segoro Gunung Susilo, Jum’at (11/9/2030).

Kadus Susilo menjelaskan, saat warga mencari batu buat fondasi melihat ada bongkahan batu yang warnanya berbeda dengan batu lainnya. Saat diperiksa, ternyata batu itu merupakan fragmen arca.

“Selanjutnya, penemuan tersebut dilaporkan pada saya dan bersama sejumlah warga lalu kami melakukan pencarian di sekitar lokasi ditemukannya arca tersebut,” ungkapnya.

Dikatakan, dari hasil pencarian di lereng jalan air kawasan hutan tersebut akhirnya ditemukan enam potongan fragmen arca dengan ukuran tinggi 60-100 sentimeter dengan bagian paling lebar mencapai 30 sentimeter.

“Sejauh ini sudah ada enam bagian yang ditemukan tetapi untuk bagian leher hingga kepala arca belum ketemu. Jadi, bentuk arcanya belum lengkap. Kayaknya, ini arca dewa yang berdiri di atas seekor sapi,” jelasnya.

Sementara saat dihubungi Kapernews.com, Kepala Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus Ahmad Taufik yang turut hadir dalam tinjauan lapangan membenarkan adanya penemuan tersebut.

“Iya, Mas, memang benar temuan tersebut. Temuan arca hari ini, Jum’at (11/9/3020) sudah ditindaklanjuti dengan peninjauan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah (Jateng), Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Grobogan, Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Grobogan dan Kapolsek Gabus Polres Grobogan,” terangnya.

Saat ini arca diamankan di rumah Kadus Dusun Segoro Gunung sebagai bukti sejarah untuk generasi yang akan datang.

(Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed