oleh

2 Anggota Pramuka dari SMPN 02 Cisarua Wakili Kwarran Cisarua di Tapakan Pramuka Garuda

BOGOR, KAPERNEWS.COM – Dimas Ramadhan bersama Gendis Sabinallarasati menjadi perwakilan Kwartir Ranting Cisarua dalam Tapakan Pramuka Garuda Virtual tingkat Kwarda Jawa Barat golongan Penggalang.

Pada Kamis (29/10/2020) yang lalu, 2 anggota Pramuka dari SMPN 02 Cisarua ini mengikuti kegiatan virtual bersama calon Pramuka Penggalang Garuda lainnya di Kwarcab Kabupaten Bogor.

Menurut Andalan Ranting Urusan Pengggalang Putra, Muhamad Azis Muslim didampingi Sri Suryani, sebelumnya Kwarran Cisarua telah menginformasikan kepada setiap gugusdepan perihal Tapakan Pramuka Garuda Virtual ini.

“Namun dengan keadaan ini (pandemi) mereka (sekolah) susah melakukan aktivitas seperti biasanya. Kalau informasi sudah kami sampaikan,” kata Azis saat ditemui di SMPN 02 Cisarua.

Tapakan Pramuka Garuda Virtual menurutnya bagus. Keadaan pandemi Covid-19 sangat mendukung diadakannya virtual.
Walaupun tetap ada kelebihan dan kekurangannya.

“Peserta didik bukan hanya ikut Tapakan Pramuka Garuda, tetapi ada perubahan sikap dan karakter yang baik,” tuturnya.

Dia juga berpesan kepada peserta didik yang saat ini sedang mengikuti proses Pramuka Garuda untuk menjadi contoh yang terbaik bagi teman-temannya.

“Rubahlah sikap menjadi yang lebih baik,” pesannya.

Tahun lalu anggota Pramuka SMPN 2 Cisarua masih merasakan Tapakan Pramuka Garuda di Bumi Perkemahan Cimandala, Sukraja. Peserta berkemah dan bertemu dengan kwarran lain yang ada di Kabupaten Bogor.

“Sekarang virtual, ada sisi positifnya dan ada juga sisi negatifnya. Positifnya teknologi sudah lebih bagus. Negatifnya anak mungkin kurang pengalaman berkemah saat momentum Tapakan Pramuka Garuda,” ungkap Tri Yudha Alamsyah, Pembina Putra SMPN 02 Cisarua.

Yudha menyebut ada tantangan pemberkasan yang berbeda dari biasanya. Mulai dari susahnya komunikasi, keadaan cuaca Puncak yang sering hujan, dan macet.

“Alhamdulillah dengan terus semangat saya, berkasnya selesai. Walaupun ada revisi dikit,” terangnya.

Dia berharap Pramuka ke depan lebih maju dan Pramuka Garuda menjadikan motivasi untuk peserta didik dalam meningkatkan keterampilan dan pengetahuan meskipun di masa pandemi Covid-19.

Sebagai peserta yang mengikuti Tapakan Pramuka Garuda Virtual, Gendis Sabinallarasati merasa senang dan bangga bisa bertemu dengan kawan baru walau tidak secara langsung.

“Baru pertama kali Tapakan Pramuka Garuda secara virtual. Di sini kami merasa berterima kasih kepada seluruh jajaran, kakak-kakak kwarran juga kwarcab yang telah membantu adik-adiknya,” ucapnya saat dikonfirmasi.

Ia juga memohon maaf atas kekurangan dan kesalahan yang telah dilakukan.

“Insya Allah yang positif kami pertahankan, yang negatif kami buang,” ujar dia.

Lebih jauh dia berharap, angkatan tahun yang akan datang bisa lebih mandiri dan semoga sudah bisa merasakan kegiatan Tapakan Pramuka Garuda secara langsung dan dapat meraskaan kebahagiaan dengan kwarran lain.

“Selalu mendoakan yang terbaik untuk kakak-kakak semua. Walaupun kita ga ketemu, tapi kita udah menjadi kesatuan dalam Pramuka,” pungkas Gendis. (Kominfo Kwarcab Kabupaten Bogor)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed