oleh

Usai KPD dan Masa Pengembangan, 10 Calon Pelatih Pusdiklatcab Pramuka Kabupaten Bogor Paparkan Hasil Naratama I

BOGOR, KAPERNEWS.COM – Pendidikan bagi orang dewasa Gerakan Pramuka dilakukan secara berjenjang, mulai dari KMD, KML, KPD, hingga KPL. Untuk meningkatkan kuantitas pelatih, maka Kwartir Cabang Kabupaten Bogor mengirimkan para pembinanya mengikuti Kursus Pelatih Pembina Pramuka tingkat dasar (KPD) yang diadakan oleh kwartir cabang lain pada beberapa waktu lalu.

Ada 10 orang pembina Pramuka yang sudah menyelesaikan narakarya 2 diikutsertakan dalam kegiatan KPD di Kwarcab Kota Bogor, Cianjur, dan Banten.

Setelah mengikuti kegiatan KPD, setiap peserta diharuskan melakukan masa pengembangan, disebut Naratama I. Setelah itu, peserta diharuskan untuk memaparkan hasil Naratama I di depan para penguji yang berasal dari Pusdiklatcab Kabupaten Bogor.

Kesepuluh peserta yang mengikuti sidang Naratama I adalah Lia Seraya, S.Pd., Indra Ariyanto, S.Pd., Asep Jaenal Abidin, S. Pd. I., Richie Albert Merintha, S. Ip., S.Pd., Andriyansyah, S. Pd., Indra Sari, S. H., M. Pd., Muhamad Zen, S. Pd., Cicih Sukarsih, M. Pd., Novi Eko Dian, S. Pd., dan Indriyani Diah P., S. S., S.Pd. Mereka secara bergantian memaparkan hasil masa pengembangan Naratama I kepada para penguji pada Jumat, (30/10/2020).

Menurut Lia Seraya, S. Pd. yang merupakan salah satu peserta dirinya mengataka, sidang Naratama I merupakan pelajaran yang sangat berharga.

“Untuk saya setelah mengikuti diklat KPD dan melakukan pengembangan di beberapa gugusdepan di wilayah sebagai konsultan,” katanya.

Hasil akhir pengembangan tersebut dituangkan dalam bentuk laporan Naratama I. Tentunya pengalaman itu. kata Lia, sangat berharga karena selain memosisikan sebagai konsultan dari gugusdepan juga menjadi lebih banyak belajar lagi dari kondisi gugusdepan yang berbeda-beda.

“Ini bukan akhir perjuangan dari sebuah diklat saja. Namun, awal dari langkah kami berkontribusi di Pusdiklatcab Bhinaya Bakti,” tutur Lia.

Harapan terbesar dia adalah menjadi pribadi yang lebih baik dan dapat menjadi manusia bermanfaat untuk tercapainya tujuan Gerakan Pramuka.

Setelah menyelesaikan sidang Naratama I, peserta akan dikukuhkan menjadi bagian dari Korps Pelatih Kwarcab Bogor Bhinaya Bakti. Mereka akan bertugas menjadi pelatih dan akan dibimbing oleh pelatih sebelumnya. (Kominfo Kwarcab Kabupaten Bogor)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed