oleh

Kenalkan Pramuka, Kwarran Rancabungur Gelar Kursus Orientasi Mabigus

BOGOR, KAPERNEWS.COM – Kwartir Ranting (Kwarran) Kecamatan Rancabungur menyelenggarakan Kursus Orientasi Mabigus (KOM). Kegiatan ini bertempat di SMAN 1 Rancabungur, Sabtu (7/11/20). Digelar sebagai bahan pengenalan Gerakan Pramuka kepada para kepala MI/SD, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA selaku mabigus di satuan pendidikan masing-masing.

“Program yang dirancang oleh kwarran dan ini menjadi program pertama kepengurusan kwarran kami,” kata Ketua Kwarran Kecamatan Rancabungur, Edi Wahyudi.

Pihkanya memandang perlu mengadakan kegiatan ini sebagai upaya memperkuat dan membumikan Pramuka di Kecamatan Rancabungur.

“Kegiatan ini sebagai upgrading jiwa kepermukaan para mabigus dan ini menjadi kunci kemajuan Pramuka Rancabungur,” lanjutnya.

Sementara Ketua Mabiran kecamatan Rancabungur Ishak Mairi menyebut kegiatan ini sangat positif karena berimplikasi kepada fungsi dan peran Pramuka yang ada di satuan pendidikan di wilayah Rancabungur. Selain itu, juga merupakan bagian bentuk penguatan kelembagaan.

“Kami kira ini sangat baik, karena KO ini bisa memberikan gambaran untuh bagaimana mabigus berperan mengembangkan tujuan pendiidkan dan kepramukaan, dan pramuka mesti gercep” kata Ishak.

Dirinya pun mendukung penuh kegiatan kepramukaan di wilayahnya dengan catatan harus dikoordinasikan dengan baik sehingga tumbuh sinergi yang kuat untuk kemajuan kepramukaan di Kecamatan Rancabungur.
“Di Rancabungur pramuka berkembang itu melalui koordinasi yang aktif untuk kemajuan kepramukaan, dan langkah konkretnya dengan kegiatan orientasi mabigus ini,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Kab. Bogor Agus Ridallah mengatakan, Gerakan Pramuka memiliki tujuan untuk membentuk setiap Pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki berkecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negeara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan.

“Dari tujuan ini maka jelas, mabigus memiliki peran penting membentuk generasi muda yang handal dan itu melalui Gerakan Pramuka yang mabigus pimpin,” pungkas Agus. (Kominfo Kwarcab Kabupaten Bogor)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed