oleh

Peringati Hari Pahlawan, Dansektor 7 Berikan Sosialisasi Program Citarum Harum Kepada Mahasiswa, Pelajar dan Masyarakat Cangkuang Wetan

KABUPATEN BANDUNG, KAPERNEWS.COM – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Dansektor 7 Satgas Citarum Harum Kolonel Kav Purwadi memberikan sosialisasi lanjutan Program Citarum Harum bertempat di Kampung Bojong Citepus Desa Cangkuang Wetan Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung, Selasa (10/11/2020).

Kegiatan sosialisasi lanjutan Program Citarum ini bertujuan untuk menanamkan semangat Hari Pahlawan kepada para Mahasiswa, pelajar dan masyarakat sehingga dapat menjadi pahlawan-pahlawan lingkungan dilingkungan dan daerahnya masing-masing.

Kepala Desa Cangkuang Asep Kusmayadi pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Satgas Citarum khususnya Sektor 7 yang telah dapat merubah kondisi sungai Citarum yang dulunya bau dan sekarang menjadi bersih.

” Saya menghimbau kepada masyarakat yang ada disekitar bantaran sungai Citarum, agar bisa merawat, menjaga dan bisa bersinergi sehingga program Citarum ini bisa kelihatan tertib, rapih dan bersih, ” jelasnya.

Oleh karena itu, ” mari kita jaga, kita kembangkan program Citarum ini sehingga Citarum yang dulu kelihatan keruh atau kehitam-hitaman, dengan adanya program Citarum Harum ini kita bisa merasakan keindahan, kerapihan dan ketertiban, ” pintanya.

Usai menyimak sambutan dari Kepala Desa dan Rektor Unibba, Dansektor 7 Satgas Citarum Harum Kolonel Kav Purwadi mengatakan, ” hari ini bersamaan dengan peringatan Hari Pahlawan, kegiatan yang dilaksanakan adalah sosialisasi program Citarum Harum juga memperkenalkan kepada masyarakat progres yang telah dicapai Satgas Citarum Harum Sektor 7 dan masalah-masalah yang belum diselesaikan “.

Berikutnya kata Kolonel Kav Purwadi, kita akan menanam pohon vertiver sebanyak 7.000 pohon dan penanaman pohon keras sebanyak 400 batang pohon dibantaran sungai di Desa Andir, Bojong Malaka, Pesawahan dan Desa Cangkuang Wetan yang diikuti dari Mahasiswa Unibba, siswa SMK, SMA 3, SMP, Pramuka dan penggiat lingkungan serta masyarakat diempat desa “.

Ditambahkannya, untuk progres penanganan limbah yang kita lakukan adalah revitalisasi MCAB (pengolahan limbah), dimana kemaren ada kunjungan dari Denmark yang akan investasi ke Negara kita. Beberapa waktu lalu telah dibahas di Provinsi, selanjutnya akan dibuat beberapa IPAL dan 6 IPAL yang ada di Kabupaten Bandung salah satunya ada di Cisirung di Sektor 7, ” jelas.

Selanjutnya menurut Kolonel Kav Purwadi bahwa, ” saat ini kesadaran masyarakat sudah baik, sekarang masyarakat sudah peduli dengan lingkungannya, hari Jumat masyarakat melaksanakan Jumat bersih dan setiap hari Sabtu dan Minggu masyarakat melaksanakan kerja bakti sendiri. Yang dulunya hanya nonton sekarang sudah turun sendiri membersihkan lingkungannya “.

Kegiatan sosialisasi dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Bandung, Rektor Unibba, Kades Cangkuang Wetan, Kapolsek, Lurah Pesawahan dan para Kepala Sekolah yang ada disekitar bantaran Sungai Citarum. Selanjutnya Dansektor menyerahkan sarana kontak berupa kaos dan topi, menerima secara simbolis pohon dari Wakil Bupati serta penanaman 7.000 pohon Vertiver dan 400 batang pohon. (Pendam III/Siliwangi/Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed