oleh

Tutup Pameran Lukisan, ARTYS: Bersama Kita Bangun Blora Kota Seni dan Budaya

BLORA, KAPERNEWS.COM – Setelah lima hari akhirnya gelar seni bersama seniman Blora bertajuk “Jati Diriku dan Kehidupan” yang bertempat di Pendopo DPRD Kabupaten Blora, Jawa Tengah, ditutup pada Selasa, (24/11/2020) sekitar pukul 16.00 WIB sore tadi.

Penutupan pameran dihadiri langsung oleh kandidat Bupati dan Wakil Bupati Blora – H Arief Rohman, M.Si dan Tri Yuli Setyowati, ST, MM.

“Karya seni adalah sebuah nilai. Bukan hanya nilai di bendanya, tapi adalah sebuah nilai tentang sebuah mimpi besar arah seni dan budaya Blora ke depan,” kata Exy Wijaya selaku salah satu penggagas acara pameran.

Menurut Exy, membangun sebuah rumah (wadah) yang nyaman bagi para pekerja seni budaya di Blora adalah merupakan hal yang cukup penting dilakukan bagi Pemerintah Kabupaten Blora.

Exy Wijaya salah satu penggagas pameran

“Jakarta punya dewan kesenian, Jogja punya dewan kesenian, Semarang punya dewan kesenian, tapi Blora tidak. Di Jakarta ada Taman Ismail Marjuki, di Semarang ada Taman Raden Saleh, tapi kenapa di Blora tidak ada,” ujarnya di hadapan para hadirin.

Dikatakan bahwa berbicara tentang kesenian adalah sangat beragam. Seni rupa, seni musik, seni gerak, seni teater atau pertunjukan dan seni sastra.

“Semoga kita akan terus bersinergi dengan pemerintahan kabupaten Blora untuk mewujudkan mimpi masyarakat hingga sampai ke kancah nasional dan internasional,” terang Agus Suryanto Koordinator Acara Pameran Lukisan dari Sedulur Art.

Pada kesempatan membuat pakta integritas ala seniman, sebuah penghormatan diberikan buat Arief Rohman yang akrab disapa Mas Arief untuk menggoreskan cat dengan kuas pertama kali di kanvas putih yang telah disediakan panitia.

“Kita ingin menjadikan Blora ini sebagai kota seni dan budaya. Semoga bila nanti ditakdirkan untuk memimpin Blora insya Allah ini adalah amanat bagi kita untuk membuat wadah yang diimpikan kawan-kawan seniman semua,” tutur kandidat terkuat Bupati Blora 2020-2024 ini.

Sementara itu, selaku calon pemimpin Blora, Arief Rohman mengatakan bahwa harapan yang menjadi impian kawan-kawan seniman adalah impian bagi dirinya juga.

Arief Rohman saat melihat workshop seni pahat jati

“Jadi apa yang jadi impian kawan-kawan seniman itu merupakan mimpi kami juga. Mari bergandengan tangan sesarengan untuk bersama-sama memajukan Blora salah satunya lewat seni dan budaya,” tandas Mas Arief.

Selaku calon Wakil Bupati yang turut hadir di penutupan pameran sore itu, Tri Yuli Setyowati, ST, MM atau yang akrab disapa Mbak Etik mengatakan bahwa mimpi besar untuk Blora ini memang perlu diwujudkan bersama-sama.

“Seni, dari mata turun ke hati. Seni, dari telinga turun ke hati. Seni juga dari mulut turun ke hati. Kita harus sesarengan mewujudkan mimpi besar untuk Blora ke depan menjadi kota yang berkesenian dan berkebudayaan,” pungkasnya.

Selain masyarakat dan para relawan ARTYS, turut hadir pula Bunda Ain Rohman beserta rekannya Bunda Anna.

Bunda Ain Rohman bersama Kinan relawan ARTYS

Acara ditutup dengan pentas seni tari anak-anak salah satunya dari Sanggar Tari Cahyaningrum dan SDN Tambaksari Blora.

(Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *