oleh

Kembali Sabet Juara Tingkat Nasional Bidang Olimpiade Sains, Raheesh: Walau Diselingi Main Game, Tetap Disiplin Atur Jam Belajar

BLORA, KAPERNEWS.COM – Juara 1 di Bidang Olimpiade Sains Tingkat Nasional yang diadakan oleh TOPAZ Global Education Centre mewakili Provinsi Jawa Tengah Amayr Raheesh Al Makki mempunyai tips bagaimana menjadi juara, yaitu dengan disiplin mengatur waktu belajar.

“Walaupun sesekali diselingi dengan bermain game, tapi memang harus tetap konsisten dan disiplin dalam mengatur jam belajar. Jam bermain dan jam untuk mengikuti event lomba secara online,” kata Amayr Raheesh Al Makki yang akrab disapa Raheesh.

Dalam babak Grand Final, anak dari pasangan Andy Kurniawan dan Lila Yuniar Omegyastantri ini berhasil menyisihkan 60 peserta yang berasal dari Jabodetabek, Jawa Timur, DIY, NTB dan Kalimantan. Bahkan Raheesh meraih skor tertinggi untuk bidang sains dari seluruh level yang dilombakan.

“Lomba kemarin seharusnya diadakan di Jogjakarta. Tapi karena situasi pandemi maka lomba diadakan secara online. Tidak ada kendala, karena saya sudah mempersiapkan jauh-jauh hari sebelum lomba ini berlangsung. Baik itu persiapan materi maupun teknis,” ucapnya.

Menurutnya, soal-soal yang ditanyakan terbilang lebih susah dari babak sebelumnya. Tapi dengan do’a dan hasil belajar semua soal bisa terjawab.

“Ada 50 soal pilihan ganda dengan waktu 1 jam. Jadi harus betul-betul konsentrasi dan fokus mengerjakannya. Kemarin saya mengerjakan dalam waktu 35 menit dengan skor 88 dari 100,” imbuhnya.

Catatan prestasi yang diraih siswa kelas 2 Imam Syafi’i SD Islam Baitunnur Blora ini boleh dikata tidak main-main. Selama masa pandemi ini, dia berhasil meraih berbagai penghargaan dalam Olimpiade tingkat Provinsi maupun di tingkat Nasional.

Mulai dari Juara 1 Sains Tingkat Nasional Kompetisi Online Matematika dan Sains 2020 yang diselenggarakan Fraternite Blambangan Group, Juara 2 Matematika Tingkat Nasional Kompetisi Online Matematika dan Sains 2020 yang diselenggarakan Fraternite Blambangan Group dan Juara Harapan 1 Sempoa Kategori Foundation 2 Kualifikasi Jateng 2020 yang diselenggarakan Sempoa SIP Foundation Nasional.

Selanjutnya, juara 10 (The Best Ten) Tingkat Nasional Olimpiade Online Bahasa Inggris 2020 yang diselenggarakan Topaz Education Centre dan juara 6 (The Best Ten) Bahasa Inggris Tingkat Nasional Mathematic, English and Sains Competition 2020 yang diselenggarakan Tunas Cerdas Ceria Education Centre.

Berikutnya juara 8 (The Best Ten) Sains Tingkat Nasional Mathematic, English and Sains Competition 2020 yang diselenggarakan Tunas Cerdas Ceria Education Centre, Juara 1 Olimpiade Online Bahasa Inggris Tingkat Nasional yang diselenggarakan Star Gemilang EO), juara 1 Olimpiade Online Sains Tingkat Nasional yang diselenggarakan Star Gemilang EO), juara 2 Olimpiade Sains Tingkat Provinsi yang diselenggarakan TOPAZ Global Education) serta juara 3 Emerald Mathematic Competition Tingkat Nasional Level Kelas 3 SD 2020 (Program Akselerasi).

Raheesh mengaku, pelaksanaan kejuaraan tahun ini memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya dilaksanakan secara tatap muka langsung, untuk tahun 2020 dilaksanakan secara online atau daring.

“Selama pandemi ini, kami memang dituntut untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Karena kita tetap harus bisa mengikuti pelajaran di sekolah lewat daring dan mengerjakan tugas-tugas online yang diberikan oleh bapak atau ibu guru,” ungkap anak kedua dari dua bersaudara ini.

Sebagai seorang anak yang punya passion terhadap ilmu matematika dan sains, Raheesh mengaku sudah terbiasa membaca buku-buku yang berhubungan dengan bidang tersebut. Sebab sejak kecil orangtuanya berusaha menyediakan buku-buku yang berhubungan dengan minatnya. Dari mulai komik sains, teks book matematika dan bacaan sains populer.
Belakangan juga mulai belajar dari OCW (Open Course Ware) yang tersedia gratis di internet.

“Jadi sebetulnya jaman sekarang dengan ketersediaan akses internet sampai ke pelosok, tidak ada alasan untuk tidak pintar,” pungkasnya.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *