oleh

Sampah Kali Grojogan Dibersihkan, Ditemukan Juga BH dan Celana Dalam

BLORA, KAPERNEWS.COM – Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, puluhan relawan ARTYS (Arief Rohman-Tri Yuli Setyowati), aktifis pecinta lingkungan, bersama pegawai dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Blora, Dinas Perumahan Permukiman dan Perhubungan (DINRUMKIMHUB) Kabupaten Blora serta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora dan masyarakat bersama-sama melakukan pembersihan sungai Grojogan yang terletak di Jl. Sudarman turut Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Jum’at (15/1/2021) sekitar pukul 08.00 WIB tadi.

“Iya, aksi bhakti lingkungan bersama ini adalah tindak lanjut dari peringatan Hari Gerakan Sejuta Pohon (10/1/2021) kemarin,” kata Eko Arifianto selaku Koordinator Pelestarian Lingkungan Hidup Relawan ARTYS, Jum’at (15/1/2021).

Proyek kolaborasi ini adalah kegiatan kepedulian lingkungan bersama dari dinas-dinas terkait dan Relawan ARTYS. Dinas yang terlibat di antaranya adalah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Blora, Dinas Perumahan Permukiman dan Perhubungan (Dinrumkimhub) Kabupaten Blora, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora.

Di Kali Grojogan sampah-sampah terlihat berserakan. Buntelan-buntelan kantong plastik berisi sampah beragam jenis mengapung dan teronggok di bebatuannya hingga membendung aliran air sungainya. Air menjadi hitam berbau busuk akibat tercemar hingga menyebabkan bau tidak sedap.

Eko Arifianto Koordinator Pelestarian Lingkungan Hidup Relawan ARTYS

“Hari ini telah diangkat 16 kubik sampah berbagai jenis dari Kali Grojogan. Sampah kayu, bangkai binatang dan sampah anorganik dari berbagai jenis seperti styrofoam, plastik wadah pembungkus makanan, botol, gelas bekas minuman, kaca dan kaleng yang sebagian besar merupakan material yang sulit terurai secara oleh alam menjadi polutan sekaligus ancaman sungai dan ekosistemnya yang terletak di tengah kota Blora ini,” terangnya.

Menurut Eko, dengan kondisi minimnya kebijakan progresif dari pemerintah kabupaten terkait dengan tata kelola sampah membuat semua sampah bisa berakhir ke sungai.

“Sampah yang akhirnya menjadi polutan air sungai ini membebani alam dalam penguraiannya. Tidak hanya bungkus makanan saja, tapi kita temukan juga popok, pembalut hingga (maaf) celana dalam serta BH (Buste Hounde/ kutang). Sedih rasanya melihat ikan-ikan kecil terapung mati di antara limbah tumpukan sampah yang ada,” ungkapnya.

Dalam aksi Resik-resik Kali Grojogan yang dilakukan, rencana dibagi dalam empat tahapan, yaitu: Tahap pertama, Jum’at (15/1) dimulai dari perempatan Grojogan Jl. Pemuda hingga Jl. Mangga atau sering disebut dengan Treteg Ireng (Jembatan Hitam) yang berjarak sekitar 170 meter.

Relawan ARTYS bersama dinas dan masyarakat bersama bersihkan sungai

“Tahap kedua Jum’at depan (22/1) akan dilakukan pembersihan sampah yang dimulai dari Grojogan hingga perempatan yang mempertemukan Jl. Sudarman dengan Jl. Kolonel Sunandar yang berjarak sekitar 325 meter,” jelasnya.

Untuk aksi tahap ketiga Jumat (29/1) dikatakan Eko, akan dilakukan pembersihan sampah dari Grojogan hingga Jl. Reksodiputro yang berjarak 450 m. Dan aksi berikutnya tahap keempat, Jumat (5/2) akan dilakukan pembersihan sungai dari mulai Grojogan hingga tikungan Jl. Jambu atau pertemuan Kali Grojogan dengan Kali Lusi yang berjarak sekitar 650 meter.

“Semoga langkah kecil yang kita lakukan bersama ini bisa mengurangi beban pencemaran di Sungai Grojogan sehingga layak dibuat destinasi wisata sebagai ruang terbuka oleh masyarakat Blora,” tuturnya.

Acara bersih-bersih sungai dihadiri oleh calon Bupati dan Wakil Bupati Blora terpilih H. Arief Rohman, M.Si dan Tri Yuli Setyowati, ST., MM.

“Terimakasih kepada dinas-dinas terkait dan kawan-kawan relawan ARTYS yangbtidsk bisa kami sebutkan satu-persatu. Kami menyampaikan apresiasi dan berterimakasih atas gerakan resik-resik (bersih-bersih) Kali Grojogan ini. Semoga bisa menjadi embrio seperti di Cepu dan kecamatan-kecamatan lainnya. Kita ingin bumi kita ini bersih dan hijau ya. Untuk selanjutnya nanti aksi penanaman ya, sesuai dengan visi kita yaitu Blora Ijo Royo-royo,” kata Wakil Bupati Blora Arief Rohman di hadapan para peserta kegiatan bersih sungai Grojogan.

Arief Rohman dan Tri Yuli Setyowati bersama para relawan ARTYS

Menurutnya, Gerakan Jumat Bersih adalah sebuah program kerja yang bagus antara pemerintah dan masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan di wilayah Kabupaten Blora.

“Tidak hanya dinas dan relawan saja, tetapi juga masyarakat yang peduli terhadap pelestarian lingkungan. Nanti akan kita data lingkungan mana yang perlu gerakan kebersihan, dan akan kita bersihkan secara bersama-sama,” imbuhnya.

Walau di tahap awal hanya ada 3 (tiga) dinas yang terlibat, harapan Arief Rohman selaku calon Bupati Blora terpilih, nanti semua dinas ikut terlibat aktif dalam upaya melestarikan lingkungan.

“Tidak hanya dinas, dinas-dinas lain juga akan kita gerakkan bersama masyarakat untuk cinta terhadap kebersihan, cinta pada lingkungan dan cinta kepada bumi kita,” pungkasnya.

(Abu Sahid)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed