oleh

Pembangunan Jalan di Kampung Nyomplong Dilakukan dengan Skema Padat Karya Tunai

KBB, KAPERNEWS – Pemerintah Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, melakukan pembangunan jalan desa di Kp. Nyomplong, RW 16, Sabtu (16/01).

Betonisasi jalan sepanjang 70 meter dan lebar 2,5 meter tersebut dilakukan dengan cara program Padat Karya Tunai Desa (PKTD), dengan melibatkan sekitar 30 warga dan menggunakan dana dari PAD Desa yakni KDN TPS Sarimukti.

Kepala Desa Rajamandala Kulon, Alit Nurmansyah mengatakan, di awal tahun ini pemerintah desa melaksanakan pembangunan jalan desa di wilayah RW 16 yang kondisinya sudah rusak parah.

“Kebetulan jalan desa ini merupakan akses poros tengah yang menghubungkan RW 16, 17, 18 hingga RW 27, pada hari ini pengerjaan di RW 16 sementara untuk besok di RW 17 dan 27,” ungkapnya.

Sesuai dengan aturan dari pemerintah pusat, masih kata Alit, pembangunan dilakukan dengan cara padat karya tunai desa, masyarakat RW 16 siap melaksanakan untuk padat karya tunai.

“Melibatkan sekitar 30 orang yang notabene pada saat ini tidak mempunyai pekerjaan, yang biasa pergi ke jakarta atau usaha di luar namun karena ada musibah covid-19 sehingga ada di rumah, dan ketika ada pembangunan di wilayah RW 16 ini bisa diberdayakan,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, sebetulnya rencana perbaikan hanya 50 meter, namun karena kondisi sehingga ditambah 20 meter menjadi 70 meter.

“Mudah-mudahan dengan pembangunan jalan di wilayah RW 16 ini para pengguna jalan merasa nyaman. Kedepan warga pun diharapkan dapat ikut merawat jalan ini,” pungkasnya.

Terpisah, salah satu warga Kampung Nyomplong, Saepul mengatakan, karena ini jalan sudah bagus tentunya banyak manfaatnya bagi warga.

“Yang punya kendaraan baik motor maupun mobil, perekonomian pun akan lebih lancar. Terutama bagi para petani yang mengangkut hasil pertanian,” ungkapnya.

“Terima kasih pada pak Kades dan jajaran terkait dengan adanya perbaikan jalan ini,” tambah Saepul.

(KN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed