oleh

Serahkan Bantuan Bibit Pohon, Lia Mutiara Ajak Warga Hijaukan Desa Saguling

KBB, KAPERNEWS – Disaksikan Camat Saguling, serta anggota TNI dan Polri, Lia Mutiara Kepala Desa Saguling, Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat, secara simbolis menyerahkan langsung bantuan bibit pohon kepada warga, di aula kantor desa Kamis lalu (21/01).

Berdasarkan informasi yang dihimpun kapernews.com, pemerintah Desa Saguling membagikan 60 ribu bibit pohon dengan rincian 50 ribu bibit pohon Albasiah dan 10 ribu bibit pohon Kopi yang merupakan bantuan Bapedas (Badan Pengelola Daerah Aliran Sungai).

Dijelaskan Lia Mutiara, bantuan Bapedas total sebanyak 60 ribu, dan dilakukan persemaian oleh pemerintah desa dari bulan Juli Tahun 2020. Namun pihaknya belum menghitung kembali, karena menurutnya angka kematian bibit pun terjadi.

“Alhamdulillah kemarin sudah dilaksanakan penyerahan secara simbolis untuk semua warga desa Saguling, tapi saya lebih memprioritaskan yang menggarap tanah kas desa. Karena kami selama ini punya tanah kas desa yang tidak produktif, jadi selama ini tidak ada pemasukan ke desa, sama warga masyarakat pun tidak di urus. Alhamdulillah sekarang bibitnya ada, tanahnya tanah desa, digarap sama warga, bibitnya dari kita,” ungkapnya.

Diharapkan, masih kata Lia, mudah-mudahan adanya penanaman pohon ini menjadi salah satu sumber penghasilan. “Warga ikut terbantu, desa pun sedikit-sedikit ada pendapatan,” ujarnya.

Lebih lanjut Lia mengatakan, tentu ini ada dampaknya, belakangan ini sudah banyak yang alih fungsi, hutan jadi gundul sehingga di musim kemarau susah air bersih, bahkan bisa dibilang krisis.

“Memang terdengar agak aneh dipegunungan susah air, padahal ya itu tadi banyak pohon yang di tebang sehingga mungkin sumber air pun menipis, berkurang. Nah dengan adanya pembagian jadi kembali hijau lah desa saguling, bisa menambah debit air lagi,” jelasnya.

“Juga bisa menghindari bencana longsor, apalagi sekarang musim penghujan. Juga namanya Albasiah  3-4 tahun sudah bisa dipanen, trus dijual, lalu kan nanti sedikitnya ada pemasukan juga untuk warga masyarakat, jadi memang banyak manfaatnya. Diharapkan masyarakat pun bisa mempergunakannya dengan baik karena memang banyak manfaatnya,” paparnya.

Lia mengajak seluruh warga untuk turut serta mengantisipasi bencana longsor dengan menghijaukan kembali Desa Saguling dengan menanam pohon.

“Dihimbau kepada seluruh warga masyarakat Saguling khususnya, untuk mengantisipasi itu mari kita hijaukan lagi desa saguling, go green lah. Jadi yang mempunyai lahan pekarangan atau yang punya kebun-kebun alangkah baiknya ditanami lagi dengan pepohonan. Karena dengan menanam pepohonan itu bukan hanya saja nanti dapat penghasilan juga lebih menjaga ekosistem. Pohon albasiah itu kan tinggi ya, tapi bisa dibawahnya nanti ditanami palawija yang lain, jadi ada beberapa sumber penghasilan,” pungkasnya menambahkan.

(KN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed