oleh

Pangdam III/Siliwangi : Para Dansektor Kontrol Pabrik-Pabrik Jangan Buang Limbah Sembarangan Ke Sungai Citarum

KAB. BANDUNG, KAPERNEWS.COM – Saya ingin melihat secara dekat masalah Citarum karena Citarum ini bukan hanya pekerjaannya Pemerintah Daerah saja tapi pekerjaannya kita semuanya termasuk masyarakat yang ada disekitar sungai citarum.

Hal tersebut dikatakan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto saat berkunjung ke Sektor 7 Satgas Citarum Harum dan langsung didampingi oleh Dansektor 7 Kolonel Kav Purwadi di Taman Sangkuriang Desa Rancamanyar Kecamatan Baleendah Kab. Bandung, Sabtu (23/1/2021).

Oleh sebab itu, ” saya selalu mengajak kepada seluruh warga Jawa Barat, khususnya yang berada disekitar bantaran sungai Citarum mari kita lestarikan, kita jaga kebersihan lingkungan kita sehingga citarum akan menjadi harum dan kembali seperti dahulu kala, jelasnya.

Menurut Pangdam III/Siliwangi, dahulu sungai Citarum ini adalah urat nadi warga Jawa Barat. Beberapa tahun lalu kita sangat tercengang dengan adanya pemberitaan yang luar biasa dari media massa tentang Citarum menjadi sungai yang terkotor di dunia. Oleh sebab itu, Pemerintah mengeluarkan Perpres No. 15 tahun 2018 untuk mengembalikan Citarum kembali seperti dulu menjadi urat nadi bagi warga Jabar dan menjadi bersih “.

Masih menurut Pangdam, disepanjang sungai Citarum banyak pabrik-pabrik. Pabrik-pabrik yang mempunyai limbah, sesuai aturan Pemerintah harus mempunyai Ipal yang baik. Oleh sebab itu, para Dansektor untuk dikontrol pabrik-pabrik itu sehingga tidak membuang limbahnya sembarangan karena bisa mencemari sungai.

Usai sambutan-sambutan, Pangdam III/Siliwangi dan rombongan melakukan tabur benih ikan di sungai Citarum Desa Rancamanyar, patroli susur sungai Citarum dan melaksanakan penanaman pohon di Subsektor Bojongmalaka.

Hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Kab. Bandung, Dirut PT. Pindad, Para Asisten Kasdam III/Siliwangi, dan para Kabalakdam III/Siliwangi serta Dandim 0624/Kab Bandung. (Pendam III/Siliwangi/Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *