oleh

Kader PKK Desa Ciptaharja Ikuti Update Peta Sanitasi

KBB, KAPERNEWS – Puluhan Kader PKK Desa Ciptaharja, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat mengikuti kegiatan Update peta Sanitasi yang digelar UPT Puskesmas Rajamandala di aula Desa Ciptaharja, Jumat (26/02).

 

Menurut Rifki selaku Sanitarian Kesling UPT Puskesmas Rajamandala mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk merefresh ulang tentang ODF (Open Defecation Free) agar diawasi kembali.

 

“Ini adalah kegiatan update Peta Sanitasi, jadi lebih kepengawasan, karena perilaku setiap orang ini bisa berubah-rubah. Artinya kita merefresh ulang bahwa tentang lingkungan, tentang ODF ini lebih di awasi kembali. Takutnya masih ada orang yang perilakunya seperti BAB sembarangan, nah kita di update kembali di refresh kembali,” jelasnya.

 

“Supaya tujuannya itu, yang namanya perilaku ini kan gak ada fisiknya, perilaku ini ada di masing-masing. Jadi tujuannya itu lebih mengubah perilaku masyarakat supaya lebih sehat,” tambah Rifki.

 

Dikatakan Rifki, para kader nantinya akan melakukan pendataan dan tindak lanjutnya akan lebih pengawasan dan mengupdate.

 

“Misalkan contoh tadi ada RW yang sudah ODF nah selanjutnya itu kita lebih dikasih pemahaman bahwa memang kalau kita sudah ODF ini sangat baik untuk kesehatan karena akan memutuskan vektor penyakit ODF ini, jadi memutuskan vektor ODF penyakit dari RW-RW yang sudah ODF,” tambahnya.

 

Lebih lanjut Rifki berharap agar warga masyarakat dapat lebih peduli terhadap lingkungan.

 

“Kita gak tau apakah masih ada orang BAB sembarangan, didaerah kita tidak apa-apa, tapi kita kan gak tau apakah kotoran manusia ini mengalir ke hulu sana, bisa jadi penyakitnya menjangkit disana. Kita harus sadar bahwa buang air sembarangan itu dapat mencemari lingkungan, mungkin bukan di kita tapi dilingkungan orang lain,” pungkasnya.

 

(KN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed