oleh

Setengah Perjalanan TMMD 110 Lebak, Mampu Tuntaskan Jalan Tembus Dua Desa

LEBAK, KAPERNEWS.COM – Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 di wilayah Kodam III/Siliwangi dilaksanakan di Kodim 0603/Lebak Provinsi Banten, Kodim 0607/Kota Sukabumi, Kodim 0604/Karawang, serta Kodim 0610/Sumedang yang dimulai sejak tanggal 2 Maret 2021 lalu, saat ini sudah memasuki setengah perjalanan karena rencananya TMMD akan ditutup tanggal 31 Maret 2021 yang akan datang.

TMMD merupakan program Bakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu oleh TNI bekerja sama dengan Kementerian, Lembaga Pemerintah Non kementeian (LPNK), Pemda dan Komponen Masyarakat Lainnya yang disinergikan dan diintegrasikan dengan tujuan untuk meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah guna meningkatkan taraf hidup masyarakat yang lebih baik dan mandiri.

Disisi lainnya, Program Bakti TNI melalui TMMD ini, merupakan salah satu model pembangunan yang melibatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaannya sehingga pengerjaannya bisa segera selesai karena adanya sinergi antara TNI, Pemda dan masyarakat secara bahu membahu dan gotong royong.

Di Kodim 0603/Lebak Banten, TMMD dilaksakanan di kampung Pasir Ipis Desa Gunung Anten dan Kampung Cilukut Desa Jayasari Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak, sasaran fisik utama berupa pembukaan Jalan Baru yang menghubungkan Desa Gunung Anten dan Desa Jayasari Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak dengan Panjang 6 km dan lebar 8 meter, Pembuatan 1 unit Box Culvest, Pembuatan Turap Panjang 60 meter. Sementara sasaran tambahan fisik berupa membedah Rutilahu rumah Bapak Anto di Kampung Pasir Etis Desa Gunung Anten, Renov Majlis Talim di kampung Leuwi Bulet, dan Pos Kamling.

Khusus untuk Pembukaan Jalan baru , progressnya sudah mencapai 80 pereen karena pelaksanaanya sudah dimulai saat Pra TMMD yang dilaksanakan tanggal 5 – 28 Februari sehingga pada saat TMMD dibuka tanggal 2 Maret 202i yang lalu tinggal melanjutkan. Keberadaan jalan yang menghubungkan Desa Gunung Anten dan Desa Jayasari kecamatan Cimarga ini sangat penting sebagai sarana lalu lintas yang bisa digunakan oleh kendaraan baik Roda 2 maupun Roda 4, memperpendek jarak tempuh menuju Kota Kabupaten dalam memasarkan hasil pertanian sehingga dapat meningkatkan perekomian masyarakat.

Dalam pelaksanannya, TMMD di Kabupaten Lebak melibatkankan kurang lebih 150 orang dari Kodim 0603/lebak, Yonif 320/BP, Lanal Banten, Polres Lebak, PUPR, Zibang, Tim Penyuluh, Denkesyah, Dinkes, serta Warga Masyarakat. Tim yang tergabung dalam Satgas TMMD Kabupaten lebak ini bahu- membahu bergotong royong dengan penuh kekeluargaan dalam rangka mewujudkan suksesnya pelaksanaan TMMD ke-110 di wilayah Kodim 0603/Lebak Korem 064/Sk Kodam III/Siliwangi.

Tidaklah berlebihan jika dikatakan program TMMD selain membantu pemerintahan dalam melaksanakan pembangunan di daerah sesuai dengan amanah UU Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, sekaligus meningkatkan kemanunggalan antara TNI dan Rakyat.(Kolonel Inf Sri Wellyanto Kasih/ Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed