oleh

BUMDes Batujajar Barat Beri Pelatihan Digital Marketing Untuk UMKM

KBB, KAPERNEWS – BUMDes Batujajar Barat bekerjasama dengan Patriot Desa dan Tokopedia dalam mengadakan Pelatihan Digital Marketing dan Internet Bisnis untuk UMKM dan Wirausaha Lokal Desa Batujajar Barat, di GOR milik desa, Kamis (01/04/2021).

Pelatihan ini bertujuan untuk membantu meningkatkan ekonomi di masa pandemi terutama untuk pelaku UMKM dan Wirausaha Lokal.

Tujuan utama digital marketing adalah tidak jauh beda dengan tujuan dari marketing lainnya, yaitu pemasaran. Hanya saja digital marketing memanfaatkan alat atau media digital untuk memperoleh jangkauan konsumen yang lebih luas, cepat serta akurat. Digital marketing juga dinilai lebih efektif serta efisien dalam segi waktu dan biaya untuk mendongkrak pemasaran produk UMKM.

Usai acara, ketua BUMDes Sumber Sejahtera Desa Batujajar Barat, Dadang Rustam berharap dengan diadakannya Pelatihan Digital Marketing ini produk UMKM dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas dan tentunya agar dapat membantu dalam meningkatkan pemasaran.

Sementara itu, Erfan Hariawan selaku Kepala Desa Batujajar Barat menagaskan bahwa Pelatihan yang diadakan oleh BUMDes yang bekerjasama dengan Patriot Desa dan Tokopedia ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas SDM pelaku UMKM.

“Tentunya membuka peluang akses pemasaran secara online sesuai dengan tuntutan masa kini,” ujarnya singkat.

Pelatihan ini dilaksanakan di Gor Desa Batujajar Barat dan diikuti oleh empat puluh orang pelaku UMKM seperti yang dikatakan Aris Darisman selaku Ketua Pelaksana pelatihan.

Terpisah, Ketua Pelaksana pelatihan merasa bersyukur animo masyarakat pelaku UMKM di Desa Batujajar Barat sangat antusias sehingga jumlah pendaftar sangat membeludak sampai mencapai seratus pendaftar.

“Akan tetapi karena anjuran pemerintah hanya memperbolehkan suatu kegiatan yang melibatkan banyak orang dengan jumlah empat puluh, oleh karena itu kami desain pelatihan ini dengan beberapa gelombang dan kedepannya akan diadakan lagi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan mengingat belum berakhirnya masa pandemi,” jelasnya.

Di tempat yang sama Yudi Nurul Ihwan selaku Patriot Desa Batujajar Barat, berpendapat bahwa Pelatihan Digital Marketing ini dipandang sangat penting apalagi di era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0.

“Dimana Industri 4.0 menekankan pada digitalisasi, sedangkan Society 5.0 lebih mengarahkan bagaimana kita menggunakan teknologi digital itu sendiri,” terangnya.

Menurut Yudi atau pria yang akrab disapa Mang Uday ini ada empat alasan kenapa pelaku UMKM harus belajar Digital Marketing.

“Pertama, aktivitas harian manusia saat ini tidak pernah lepas dari internet. Kedua, lebih efektif dan efisien dalam mengukur segmentasi pasar. Ketiga, tolak ukur dan peluang keberhasilan pemasaran lebih tinggi dan yang terakhir, membangun dan menciptakan kepercayaan pelanggan,” ungkapnya.

Sementara itu, Konsultan Tokopedia Ludi Rahadi Saputra menjelaskan, pelatihan Digital Marketing ini merupakan gelombang pertama dan nantinya akan diadakan gelombang berikutnya dengan tujuan agar pelaku UMKM lebih aktif berjualan dengan sistem internet online seperti melalui marketplace terutama di Tokopedia.

“Peserta yang merupakan pelaku UMKM diwajibkan membawa produk mereka sendiri dan nantinya akan difoto oleh pihak Tokopedia dengan menggunakan box studio adapun foto tersebut yaitu sebagai penunjang di Toko Online yang akan dibuatnya supaya produk tersebut terlihat lebih menarik,” pungkasnya.

(KN)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed