oleh

Aksi Bersih Sungai, Semakin Berlipat Ganda

BLORA, KAPERNEWS.COM – Tidak hanya para aktifis dan relawan saja, namun kegiatan resik-resik (bersih-bersih) Kali Grojogan yang membelah Kota Blora juga dilakukan oleh jajaran Kelurahan Mlangsen dan Kelurahan Kedungjenar, Kecamatan Blora Kota beserta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Jumat (09/04/2021).

“Tidak hanya sampah organik namun juga dijumpai beberapa sampah anorganik. Sampah yang dinaikkan dari bantaran sungai dikumpulkan teman-teman relawan di dalam karung plastik serta berbagai jenis sampah, ” kata Plt. Kepala Kelurahan Kedungjenar Dra. Sri Budi Lestari.

Menurut penjelasannya, bersih-bersih sungai Grojogan melibatkan warga RW. 03 yang terdiri RT. 01 sampai RT.05 beserta jajaran Kelurahan Mlangsen bersama warganya. Tampak juga hadir Camat Blora beserta stafnya.

“Aksi sosial berbasis lingkungan ini dilaksanakan dari mulai jembatan Grojogan hingga utara Taman Tirtonadi, perbatasan Kelurahan Mlangsen dan Kelurahan Kedungjenar, Kecamatan Blora Kota. Kegiatan langsung turun ke sungai untuk mengumpulkan sampah dan menyapu bantaran sungai,” jelasnya.

Ditambahkannya, dalam menjaga kebersihan lingkungan pihak Kelurahan Kedungjenar menghimbau melalui surat tertulis yang disampaikan lewat RT dan RW agar tidak membuang sampah di sepanjang Kali Grojogan.

“Bagi warung-warung di sekitar Grojogan juga dihimbau tidak membuang sampah sembarangan, tapi mereka harus punya pembuangan sampah,” tegasnya.

Sementara itu PLT Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Blora Drs Sugiyono, M.Si lewat Kepala Seksi Pengelolaan Sampah Bidang Kebersihan Sumaji, SE mengajak semua elemen masyarakat terutama yang berada di sepanjang kali Grojogan untuk menjaga kebersihan lingkungan bersama.

“Hari ini kita naikkan berbagai jenis sampah organik dan anorganik. Sampah rumah tangga sudah mulai berkurang. Ini yang banyak ranting pohon. Batang pohon bambu. Tadi semuanya kurang lebih 8 sampai 10 kubik truk. Mari kita rawat dan jaga kebersihan sungai bersama,” terangnya.

Sementara itu Ketua Yayasan Duta Blora Indonesia Eko Arifianto saat dikonfirmasi cukup mengapresiasi perkembangan kegiatan bakti lingkungan yang ada.

“Alhamdulillah, masyarakat beserta pemerintah dan semua pihak terkait semakin sadar dan menyadari tentang pentingnya menjaga kebersihan kali Grojogan,” ujarnya.

Dirinya melihat bahwa walaupun beberapa waktu lalu sempat terjadi miskomunikasi hingga menyebabkan menumpuknya sampah di jaring penangkap Grojogan paska aksi bersih-bersih 1 desa dan 3 kelurahan di hulu Grojogan malah menjadi koreksi dan pembelajaran bersama.

“Memang pelajaran berharga adalah pengalaman. Yang penting terus maju. Untuk kepentingan banyak orang. Terus bergerak dan berlipat ganda. InsyaAllah demi kebaikan kita akan mendapat jalan,” tutupnya.

Berlipatgandanya aksi kebersihan dibuktikan dengan semakin banyaknya elemen yang terlibat. Di hari ini juga dilakukan aksi bersih-bersih di belakang Pasar Jepon, dan Kecamatan Cepu yang dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora Ainia Shalichah beserta Pokja III Bidang Lingkungan Hidup, Camat, Kapolsek, dinas terkait dan masyarakat Cepu.

(Abu Sahid)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed