oleh

Darurat Bencana, Aktifis Buat Bank Pohon Desa Candisari

TEMANGGUNG, KAPERNEWS.COM – Menyikapi situasi darurat bencana alam Relawan Bumi Phala (RBP) bersama Lingkar Studi Pemberdayaan Perdesaan (LSPP) secara marathon melakukan pertemuan dan konsolidasi dengan menyediakan bibit pohon siap tanam melalui pendirian Bank Pohon Desa Candisari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Minggu (11/04/2021).

“Darurat bencana alam sebenarnya sedang berlangsung di Kabupaten Temanggung. Secara resmi, dalam dua kali FGD tentang Konservasi Tanah dan Air yang digagas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) telah disampaikan bahwa terjadi perluasan lahan kritis di Kabupaten Temanggung,” kata Tarjuki selaku Ketua RBP Temanggung. 

Selain itu, Tarjuki menambahkan, berdasarkan catatan Badan Penagggulangan Bencana Daerah (BPBD) semenjak awal tahun penghujan hingga April 2021 berlangsung seratusan bencana alam mulai longsor, banjir maupun erosi di Kabupaten Temanggung.

“Inilah kekhawatiran kami yang mendasari perlunya tindakan konkrit dengan penyediaan bibit pohon dengan mudah di desa yang siap ditanam dan juga bernilai ekonomis,” imbuhnya.

Sementara itu, Lingkar Studi Pemberdayaan Pedesaan (LSPP) selaku lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang selama ini mendedikasikan diri selaku dinamisator dalam upaya pemberdayaan masyarakat pedesaan memberikan apresiasi atas gagasan praktis RBP Temanggung.

“Bahwa sesungguhnya Temanggung telah mencanangkan program Rehabilitasi Sabuk Gunung berupa penghijuan dan konservasi lahan yang juga telah mendapatkan pengesahan DPRD. Sehingga sebagai salah satu program prioritas kabupaten Temanggung dengan dukungan APBD sayangnya belum memiliki kejelasan bagaimana bentuk implementasinya,” ungkap Andrianto Ketua LSPP.

Menurutnya, semenjak dicanangkan, program rehabilitasi sabuk gunung ini secara konseptual harus dideskripsikan hingga pelaksanaan teknis implementasinya.

“Hal ini penting agar masyarakat dapat berperan aktif dan bersinergi serta dapat ikut serta dalam kegiatan pengawasanny,” lanjut Andri.

Pendirian bank pohon Desa Candisari, Kecamatan Bansari dipilih sebagai salah satu tempat pelaksanaan kegiatan mengingat dedikasinya dalam mendorong ditandatanganinya Pakta Integritas pada Januari 2021 lalu oleh 13 Kepala Desa se Kecamatan Bansari sebagai wujud dari komitmen untuk bersinergi dalam kegiatan konservasi lahan berupa penanaman/penghijauan yang akan dilakukan pada lahan kritis dan jalan desa.

Peresmian Bank Pohon Desa Candisari akan dilaksanakan pada hari Senin, 12 April 2021 di Lapangan Desa Candisari dan dihadiri masyarakat Temanggung yang selama ini dikenal memiliki kepedulian mendalam terkait pelestarian lingkungan serta Bupati dan Wakil Bupati Temanggung. 

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *