oleh

Langkah Serius Peduli Ekonomi Masyarakat Dan UMKM, Mahasiswa STAI YASBA Gelar Pelatihan Didesa Kerinjing Rajabasa

-Pendidikan-475 views

LAMSEL, KAPERNEWS.COM – Mahasiswa STAI YASBA Kalianda menggelar pelatihan pengembangan Koperasi di Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang diselenggarakan di Balai Desa Kerinjing, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan pada hari Jum’at, (09/04/2021).

Kegiatan pelatihan ini mendatangkan Narasumber dari Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Lampung Selatan. Yakni Kepala Bidang (Kabid) UMKM Dinas Koperasi dan UMKM, Kepala Seksi (Kasi) Keanggotaan Koperasi Dinas Koperasi dan UMKM, serta Kepala Dinas (Kadis) Koperasi dan UMKM Kabupaten Lampung Selatan.

Turut hadir juga dalam kegiatan pelatihan ini, Anggota DPRD Kabupaten Lampung selatan, PJ. Kepala Desa Desa Kerinjing, BPD, Ketua Karang Taruna Desa Kerinjing, Pengurus dan penasehat BUMDes Bumi Lestari Desa Kerinjing, serta masarakat dan pelaku usaha desa setempat. Kegiatan ini juga pihaknya, mengundang dari beberapa Desa terdekat dari Desa Kerinjing seperti, Desa Way muli, Desa Hargo Pancuran, Desa Cugung dan Desa Way muli Timur.

Dalam keterangannya Sofia Tuhzzahra, sebagai Ketua Pelaksana dalam pelatihan ini mengatakan, Kegiatan Pelatihan Strategi Pengembangan Koperasi & UMKM sebagai penyelenggaranya ialah Mahasiswa STAI YASBA Kalianda Lampung Selatan Mahasiswa dalam rangka Kelompok Kerja Nyata (KKN) di Tahun 2021 ini.

“Gagasan mengadakan pelatihan ini dilaksanakan guna, menindak lanjuti program kerja mahasiswa KKN, yaitu penguatan ekonomi desa melalui pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) serta pemberdayaan prekonomian masarakat yang berdasarkan potensi dan peluang daerah geografis sekitarnya.” Paparnya.

Sofia melanjutkan, ” Karena dari hasil observasi yang kami lakukan banyak sekali potensi sumber daya alam yang bisa menjadi peluang dan bisa dimanfaatkan sebagai instrumen untuk mencapai kesejahteraan ekonomi masarakat.” Jelasnya.

Diakhir Sofia mengatakan, “Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini bisa bermanfaat bagi kita semua dan diridhoi Allah SWT, sehingga bisa mencapai tujuan yang telah di cita-citakan, tutup Sofia pada saat menyampaikan laporannya.

Eko Saputra Boy sebagai Koordinator Mahasiswa KKN membenarkan apa yang disampaikan oleh Sofia sebagai Ketuplak dalam kegiatan Pelatihan Strategi Pengembangan Koperasi dan UMKM tersebut, ” Bahwa kegiatan ini adalah bentuk keseriusan kami dalam menindak lanjuti program kerja yang sedang kami laksanakan dalam memperkuat perenomian masarakat.” Ungkapnya.

” Kegiatan pelatihan ini, bukan hanya untuk mengembangkan UMKM yang sudah ada, akan tetapi juga memotivasi masarakat yang belum mempunyai usaha untuk membuka dan menyambut peluang usaha mengingat banyak sekali potensi sumber daya yang bisa dimanfaatkan, guna menambah pendapatan. Jika usahanya berkembang dan bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru, masarakat tidak perlu lagi ke luar daerah untuk mencari pekerjaan,” Ujar Eko saat memberikan keterangannya.

Eko Saputra Boy menambahkan, “Kedepanya kita akan terus menyempurnakan sistem manajemen strategi yang sudah kita buat. Yang relevannya untuk BUMDes Bumi Lestari Desa Kerinjing, ya dengan harapan BUMDes ini terus berkembang dan bisa memfasilitasi masarakat yang membutuhkan biaya dalam pengembang bisnisnya. Sehingga, faedahnya bisa dirasakan oleh masarakat setempat mengingat, salah satu dari unit usaha BUMDes Bumi Lestari bergerak dibidang Koperasi yakni simpan pinjam,” Pungkas Eko Saputra Boy saat diwawancarai oleh pewarta Kapernews.

 

(Irgi/R.Y5)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed