oleh

Bencana Alam Meningkat, Wabup Temanggung Resmikan Bank Pohon

TEMANGGUNG, KAPERNEWS.COM – Ratusan relawan peduli lingkungan dan penggiat konservasi di antaranya Saka Kalpataru, KOPPASCA, KOMPASS, ALIR, Relawan Bumi Phala, IPPNU Kecamatan Bansari, TBSU, LPBI NU, LSPP, PDAM dan Perhutani KPH Kedu Utara berkumpul pada peresmian Bank Pohon di Lapangan Desa Candisari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Senin (12/04/ 2021) kemarin.

Peresmian Bank Pohon dilakukan oleh Wakil Bupati (Wabub) Temanggung, Drs. Heri Ibnu Wibowo yang juga dihadiri Kapolsek, Danramil, Camat Bansari serta 13 Kepala Desa yang tergabung dalam Paguyuban Kepala Desa, Kecamatan Bansari.

“Kami menyoroti terjadinya bencana alam dengan intensitas meningkat di Kabupaten Temanggung, seperti erosi, longsor dan banjir,” kata Wakil Bupati Temanggung, Drs. Heri Ibnu Wibowo.

Peserta Peresmian Bank Pohon

Dirinya juga menekankan pentingnya tanaman pohon sebagai penahan lajunya air di saat musim penghujan dan sekaligus merupakan resapan atau tangkapan air guna mengatasi munculnya kelangkaan sumber mata air.

“Kami mengharapkan, wilayah atas atau daerah hulu berupa area hutan lindung dalam pengelolaan Perhutani sebaiknya dapat ditutup untuk budidaya tanaman semusim,” terangnya.

Menurutnya, kegiatan konservasi atau penghijauan harus paralel dan bersama-sama dengan giatnya penanaman pohon di daerah hulu agar dapat memberikan kemaslahatan bagi daerah di bawahnya.

“Ini perlu disinergikan dalam upaya penegakannya dengan Pemkab, Polres, Kodim serta Perhutani Kedu Utara,” tegasnya.

Dalam peresmian Bank Pohon di Desa Candisari mendapatkan dukungan bibit pohon siap tanam dan bernilai ekonomis dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Serayu Opak Progo, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dan Dinas Lingkungan Hidup Temanggung seperti alpukat, durian serta kopi arabika.

Sebagaimana diketahui, Bank Pohon merupakan gerakan penghijauan berbasis masyarakat dengan cara mempersiapkan dan menyediakan bibit pohon siap tanam dan bernilai ekonomis secara gratis.

Kegiatan peresmian Bank Pohon ini dilanjutkan dengan sarasehan bersama Wakil Bupati terkait dengan implementasi keberadaan bank pohon untuk dapat dikembangkan di desa lain serta rencana persiapan peringatan Hari Bumi di Kabupaten Temanggung.

Kegiatan sarasehan dilakukan di Balai Desa Candisari dan diikuti unsur Muspika Bansari, Paguyuban Kepala Desa Kecamatan Bansari, Dinas Pertanian, Dinas Lingkungan Hidup serta pemerhati lingkungan serta relawan peduli lingkungan Kabupaten Temanggung. 

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *