oleh

Hangatkan Ramadhan Warga Cibuyutan, Universitas Pancasila Gelar Bhakti Sosial Kemasyarakatan di Desa Sukarasa

BOGOR, KAPERNEWS – Pemerintah Desa Sukarasa menerima kegiatan Bakti Sosial Kemasyarakatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Akuntasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila pada 16-18 April 2021 di Kampung Cibuyutan, Desa Sukarasa, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor.

Kegiatan “HIMAKA Mengabdi” merupakan Program perdana yang dilakukan oleh Mahasiswa Akuntansi dalam rangka memupuk kepedulian terhadap perkembangan masyarakat pedesaan dan momentum refleksi berkehidupan mahasiswa di Bulan Ramadhan ditengah situasi Pandemi Covid-19. Selain itu, Fakultas juga mendorong Kegiatan Kampus Merdeka Belajar dengan memaksimalkan Peran organisasi dalam berbagai kegiatannya agar Mahasiswa dapat mempelajari dan melihat langsung gejala sosial yang terjadi di Masyarakat.

Adapun rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan dimulai dengan Penyuluhan dari Dosen dan Civitas Akademika Universitas Pancasila yang disampaikan Bambang Suprayitno berkaitan dengan “Motivasi Pentingnya Jiwa Wirausaha bagi Masyarakat di masa Pandemi Covid-19” adalah bagaimana memulai semangat usaha ditengah kondisi Pandemi Covid-19 dan mendorong UMKM serta  mengolah bahan baku serta potensi lingkungan sekitar menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual tinggi. Masyarakat sangat antusias menerima penyuluhan dari Pak Bambang dengan membagikan doorprize bagi yang dapat menjawa pertanyaan seputar penyuluhan.

Dilanjutkan dengan Penyuluhan “Strategi Ekonomi Sektor Pertanian di tengah Pandemi Covid-19” oleh Bapak Aulia yang mendorong bagaimana ibu-ibu dapat mengelola keuangan Keluarga yang mayoritas mendapatkan penghasilan sebagai Petani agar dapat dikelola dengan baik dan berkelanjutan. Selain itu, memberikan Informasi terkait Asuransi Kecelakaan Kerja yang dapat diakses oleh masyarakan dengan sistem pembiayaan yang terjangkau dan tersimpan dalam bentuk tabungan hari tua.

Terpisah, Anisa Ketua Pelaksana Kegiatan Baksos HIMAKA menhatakan jadi memang rencana Baksos kami jika Dosen memberikan penyuluhan kepada Orangtuanya sedangkan Mahasiswa kepada anak-anak desa.

“Alhamdulillah Anak-anaknya sangat antusias dan kami pun merasa senang meski hanya bisa menyalurkannya saja belum bisa bantu banyak. Sepanjang perjalanan menuju sekolah banyak warga mengucapkan terimakasih sehingga kami merasa sangat berharga dan tidak sia-sia hadir kesini dengan medan jalan yang luar biasa,” ungkapnya.

Selain itu, Rangkaian kegiatan lainnya adalah Pembagian 127 Paket Sembako kepada seluruh warga Kampung Cibuyutan, Bermain dan Belajar bersama mulai dari Fun Games, Membuat Prakarya Menghias Gambar dengan Biji Kacang Hijau, Tilawah serta Buka Bersama Anak-anak, serta permainan Boneka Anak. Pemeliharaan Fasilitas Sekolah Dasar dengan membersihkan Gedung Sekolah dan MCK serta menambal beberapa bangunan yang rusak dan memperbaiki jaringan listrik sekolah, Penambahan Fasilitas Kenyamanan Belajar seperti Kipas Angin dan Rak Buku serta Bantuan Pakaian Layak Pakai dan Buku Bacaan untuk siswa dan masyarakat desa.

“Saya sangat merasa Kagum dan terharu selama proses pelaksanaan kegiatan Baksos. Dosen pun pertama kali bergabung dengan kita di pengabdian masyarakat, Alhamdulillah sangat support dan menyarankan untuk datang kembali tahun depan ke kampung ini” Ujar Farell ketua HIMAKA.

“Harapan kedepannya Universitas Pancasila mendorong kegiatan Kampus Merdeka Belajar dengan Program KKN berbasis Pemberdayaan Masyarakat di Desa Sukarasa dengan mendorong Kegiatan Usaha BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) yang memiliki Unit Usaha berdasarkan Penggalian Potensi yang ada di Desa serta pengelolaan Keuangan BUMDes yang lebih prospektif dan berkelanjutan agar BUMDes dapat kembali Produktif dan Solutif menjawab kebutuhan Masyarakat Desa,” pungkas Farell menambahkan.

(FI/KN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed