oleh

Pimpin Rapat, Bupati Dorong Pembangkit Listrik Energi Surya di MPP Blora

BLORA, KAPERNEWS.COM – Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP.,M.Si berkeinginan untuk menggunakan energi surya yang ramah lingkungan melalui Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Blora.

Hal tersebut diungkapkan Bupati saat memimpin rapat dengan jajaran PT Watala, yang bergerak di bidang Panel Surya di Ruang Rapat Bupati Blora, Senin (3/5/2021).

Sebelum menerapkan PLTS secara luas ke depannya, Bupati berharap agar dapat diterapkan terlebih dahulu di Mal Pelayanan Publik (MPP).

“Jadi memang kita ada rencana untuk memanfaatkan PLTS energi yang ramah, kita coba dulu di MPP nanti kalau bisa tim ini diajak ke MPP meninjau kira-kira pemasangan instalasinya kemudian penyesuaian lainnya seperti apa perlu anggaran berapa,” ungkap Bupati Blora.

Dikatakannya, MPP merupakan salah satu ikon Pemkab Blora yang akan segera dilaunching. Arief Rohman pun meminta agar jajarannya segera berkoordinasi terkait teknis dan lebih rinci dengan PT Watala.

Sementara itu Kepala Kepala Bidang Fisik dan Prasarana Bappeda Kab. Blora, Pujiariyanto mengungkapkan kebutuhan akan listrik di Pemkab Blora cukup besar. Pihaknya mencontohkan terkait biaya untuk Penerangan Jalan Umum (PJU).

“Semisal untuk PJU saja di 7.000 titik setiap tahun itu kita bayar listrik sekitar 5,5 Miliar,” jelasnya.

Rapat koordinasi tentang pembangkit listrik energi surya

Dikatakannya, termasuk kebutuhan di tiap perkantoran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Blora yang membutuhkan anggaran untuk biaya listrik banyak.

“Kalau nanti hitungan secara rinci (penggunaan energi surya) bisa menghemat secara signifikan, bisa menurunkan biaya kita untuk listrik misal setengahnya, dan biaya investasi dapat BEP dalam waktu dekat mungkin nanti kita bisa pilih,” terang Pujiariyanto.

Pihaknya pun mendorong agar penerapan PLTS dapat dimulai dari MPP terlebih dahulu.

“Kita mulai dari MPP, bisa kita coba di situ terlebih dahulu sebelum untuk PJU dan lainnya. Kalau di situ berhasil nanti saya yakin dapat dikembangkan di lainnya,” tambahnya

Sementara itu Managing Director Watala, Mada Ayu Habsari mengungkapkan bahwa dengan penggunaan panel surya dapat mengurangi biaya untuk listrik. Salah satunya dapat diterapkan di gedung-gedung, sehingga dapat mengurangi biaya operasional dan mampu melakukan penghematan.

Setelah pemaparan secara detail oleh PT Watala, dilanjutkan dengan diskusi dan ditindaklanjuti dengan koordinasi secara teknis antara Jajaran Pemkab Blora.

Hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Blora, Asisten II Sekda, perwakilan BPKAD, Bappeda, Dinrumkimhub dan Kabag Perekonomian.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed