oleh

Jelang Lebaran, Petani Bunga Sedap Malam Asal Desa Rajamandala Kulon Raup Ratusan Juta

KBB, KAPERNEWS – Menjelang perayaan hari raya Idul Fitri 1442, yang tinggal menyisakan beberapa hari lagi permintaan bunga sedap malam meningkat drastis.

Hal tersebut juga ikut mendorongnya harga bunga sedap malam yang kini meningkat menjadi 8 kali lipat dari biasanya. Dimana sebelumnya harga bunga sedap malam hanya dikisaran Rp. 1.500/batang kali ini menjadi Rp. 8.500/batang.

Hal tersebut diceritakan Obay Sobari petani bunga sedap malam asal Kampung Nyomplong, Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

Obay Sobari petani bunga sedap malam

Menurut Obay, empat hari menjelang perayaan idul fitri dirinya telah menjual sebanyak 15 ribu batang baik kepada langganannya maupun pembeli yang datang secara mendadak.

“Ya Alhamdulillah, dari penghasilan penjualan bunga sedap malam ini kalau dibilang seratus juta lebih mah ada, cuma ya kalau 200 juta mah kurang,” ungkapnya kepada kapernews.com saat ditemui di sebuah saung yang berada di lahan kebun miliknya.

Bahkan, masih kata obay, hari Senin ini istrinya tengah membantu dirinya untuk memanen bunga sedap malam untuk pembeli yang sengaja datang dari luar kota.

“Orang sukabumi ada yang datang hari ini dan berencana membeli seribu batang bunga sedap malam,” terangnya.

Jadi permintaan bunga sedap malam, menurut Obay bukan hanya datang dari dalam kota, dari luar kota pun berdatangan.

Hal tersebut tak terlepas dari ketelatenan dan pengalamannya dalam menanam dan merawat bunga sedap malam yang sudah ia lakoni selama puluhan tahun.

(KN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed