oleh

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021, Kepala DLH Blora Berikan Apresiasi Kepada Komunitas Punk

BLORA, KAPERNEWS.COM – Apresiasi positif terhadap partisipasi komunitas punk dari berbagai daerah untuk pelestarian lingkungan hidup secara langsung disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blora dalam sambutan pembukaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021 yang bertempat di Resto Cemara Pitu, Waduk Greneng, Tunjungan, Blora, Jawa Tengah, Sabtu (05/06/2021) kemarin.

Drs. Sugiyono, M.Si Plt. Kepala DLH Blora

“Saya berterima kasih di hari peringatan lingkungan hidup ini teman-teman kelompok punk bisa mempersembahkan karyanya untuk bangsa ini. Ternyata di sini kita melihat karya-karya teman-teman punk ini sangat bagus. Dan yang lebih hebat lagi serba gratis. Kalau tadi saya tahu ada sablon gratis, saya bawa kaos kosongan nggih. Sayang di sini tidak ada yang jual kaos kosongan ya. Wah luar biasa ini. Tepuk tangan untuk kelompok punk,” kata Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blora Drs. Sugiyono, M.Si disambut tepuk tangan dari para hadirin termasuk jajaran Forum Koordinasi Pimpinan di Kecamatan (Forkopimcam) seperti Camat, Kapolsek dan Danramil selaku pimpinan kepolisian dan TNI di kecamatan serta Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora.

Banner acara Ruwatan Waduk Greneng

Selain kepada komunitas punk, secara pribadi maupun lembaga, dirinya menyampaikan terimakasih kepada panitia, dari Kecamatan dan Kepala Desa Tunjungan yang telah berhasil menyelenggarakan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

“Ya, memang menurut pandangan masyarakat umum saat ini lebih berfikir hanya mencari uang (profit oriented, red) daripada berfikir kegiatan untuk kelestarian lingkungan. Mungkin bila dilihat sepintas oleh masyarakat awan, kegiatan terkait dengan lingkungan hidup itu tidak menarik. Tapi nanti kalau sudah terjadi bencana, biasanya orang baru merasa pentingnya upaya pelestarian lingkungan hidup ini,” tegasnya.

Menurut Sugiyono, kondisi lingkungan yang ada saat ini menunjukkan bahwa pelestarian ekosistem lingkungan hidup perlu perhatian bersama.

“Kebetulan ini ada jajaran Perhutani. Ya kita sudah melakukan kerjasama dengan baik. Dan ini telah diimplementasikan oleh teman-teman kelompok punk. Terima kasih. Termasuk hari ini ada kegiatan pembagian dan penanaman pohon dan kemarin juga penebaran bibit ikan nila ke waduk Greneng,” ujarnya.

Penebaran bibit ikan Nila oleh Bunda Ainia Shalichah kemarin, Jum’at (05/06/2021)

Selain menanam, Sugiyono mengingatkan, bahwa memperhatikan kelangsungan dari tanaman yang telah ditanam sangat diperlukan.

“Jangan sampai pohon yang telah kita tanam itu mati. Maka dari itu perlu kita rawat bersama. Saya yakin kelompok teman-teman punk bersama masyarakat ini bisa,” tandasnya.

Dirinya tidak menampik bahwa diperlukan koordinasi yang baik semua pihak agar kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021 selama 3 hari ini bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Simbolisasi pemberian bibit pohon kepada masyarakat desa oleh panitia, dinas, Perhutani dan Forkopimcam Tunjungan

“Semoga bisa bermanfaat kita semua, khususnya masyarakat yang ada di seputaran Waduk Greneng Tunjungan Blora. Semoga untuk kegiatan tahun berikutnya nanti juga bisa berjalan. Silahkan. Kami dari Dinas Lingkungan Hidup sangat terbuka untuk bekerjasama. Kalau bisa jauh hari sebelumnya kita ketemu untuk berbicara terkait dengan rencana acara yang akan dilakukan. Insya Allah kita akan memback up panjenengan. Setidaknya pengadaan bibit pohonnya,” terangnya.

Kegiatan diteruskan dengan simbolisasi pembagian bibit pohon buah seperti srikaya, jeruk keprok dan durian oleh DLH, Dinporabudpar, Forkopimcam Tunjungan, Perhutani dan Kolektif Krassidenan Punk, serta dilanjutkan dengan acara penanaman di kawasan Waduk Greneng Tunjungan.

Acara dilanjut dengan apresiasi seni budaya yang mengangkat isu lingkungan dan sosial. Beberapa band telah ikut berkontribusi baik personal maupun kelompok, di antaranya Punkrawit, Iponk, Kantonx Crewsex, dan H.A.M. sebuah band bergenre rock n roll dari kota langganan banjir Semarang. Sore hari dilakukan upacara larungan Takir Plonthang berisi sesajen ke kawasan Waduk Greneng.

Performance Ari Kuncir Punkrawit (Pati)

“Ya, setelah dua hari berjalan, masih ada satu hari lagi di hari Minggu (06/06/2021) ini. Selain gigs punk dan bersih-bersih sampah di seputaran Waduk Greneng nanti juga rencana kita akan melakukan survey kubur batu Wong Kalang yang kedua. Kebetulan hari ini acara juga dihadiri oleh kawan pemerhati sejarah dari Yogyakarta, yang mungkin akan bercerita tentang orang-orang Kalang di Kotagede Yogyakarta,” terang Eko Arifianto dari Duta Blora Indonesia selaku salah seorang penggagas acara.

Eko yang akrab disapa Kotak ini menjelaskan bahwa simbol kendi yang dibuat kawan-kawan punk Pesantenan Pati yang saat ini digunakan untuk background panggung adalah mempunyai makna filosofi bersama menjaga “tanah” dan “air” kita dari kerusakan dan kehancuran.

Salah satu band pengisi acara HAM (Semarang Rob N Roll City Rockers) bersama panitia berlatar belakang Waduk Greneng Tunjungan Blora

“Karena itulah makna acara ruwatan yang ada sekarang ini yaitu agar terhindar dan selamat dari wabah/ pandemi. Sehingga hari ini, dengan tetap menjaga protokol kesehatan dan silaturahmi, jangan lupa saksikan Amok (Yogyakarta) HC/Punk Kejawen, Terminator (Jepara) Crust Punk, Frontal (Kudus) Punk Rock, No Name (Jepara) Crust Punk, Kendeng Squad (Pati) Punk Rock, Sementara (Rembang) Crust Punk, Sanja Riot (Cepu) Punk Rock, No-Disc (Rembang) Crust Punk, Jembatan Riot (Randublatung) Punk Rock dan kolaborasi performance art The Mistis. Ada pula art camp, lapak baca, lapak sablon dan bagi masker gratis,” pungkasnya.

(Abu Sahid)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed