oleh

Kunjungi Wana Wisata Gubuk Payung, Sinergi Perhutani – Pemkab Blora

BLORA, KAPERNEWS.COM – Bupati Blora H. Arief Rohman bersama dengan Direktur Utama (Dirut) Perum Perhutani, Wahyu Kuncoro berkesempatan mengunjungi kawasan Wana Wisata Hutan Alam Jati ‘Gubug Payung’ yang berada pada kawasan hutan jati KPH Cepu di Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Rabu (16/6/2021).

Bersama dengan Dirut Perum Perhutani, Bupati Blora meninjau keberadaan pohon-pohon Jati yang memiliki ukuran besar dengan usia rata-rata 200 tahun lebih. Selain itu, rombongan pun turut menyempatkan diri melihat fasilitas-fasilitas wisata yang tersedia di Gubug Payung.

Pada kesempatan tersebut, Bupati mengajak Perum Perhutani untuk bersinergi dalam pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Blora ke depannya, salah satunya adalah wisata Gubug Payung. Mengingat Blora sebagian wilayahnya merupakan kawasan hutan.

“Ini salah satu kekayaan Perhutani di Indonesia, ini di Gubug Payung. Ke depan kita berharap sinergi antara Perhutani dengan Pemkab Blora dan stakeholder lain, kita ingin kembangkan menjadi wisata alam,” terang Mas Arief.

Mas Arief Rohman berharap, ke depannya Gubug Payung dapat dikembangkan menjadi sarana edukasi juga bagi para anak-anak yang menjadi generasi penerus. Sehingga mereka dapat mengetahui potensi kayu jati dari Kabupaten Blora.

“Biar anak kita tahu bahwa di Blora ini ada potensi sumber daya alam khususnya kayu jati yang sangat luar biasa untuk pembelajaran anak-anak kita. Mohon dukungannya Pak Direktur,” harapnya.

Menanggapi hal tersebut, Wahyu Kuncoro menyambut baik ajakan dari Pemkab Blora untuk bersinergi bersama.

“Saya selaku Dirut Perhutani akan mendukung penuh apa yang menjadi perencanaan Pemerintah Kabupaten Blora,” terangnya.

Lanjutnya, Perum Perhutani siap mendukung upaya pengembangan pariwisata di Blora yang nantinya dapat mendorong perekonomian masyarakat setempat.

“Program-program yang saya pikir sangat bagus untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar desa hutan. Karena salah satu tugas kita juga untuk hal tersebut. Terimakasih Pak Bupati supportnya kita akan segera tindak lanjuti secara konkret,” imbuhnya.

Sebagai informasi, kawasan wisata Gubug Payung memiliki luasan lahan 26,9 hektar dengan jumlah sekitar 1.131 pohon dengan tinggi rata-rata 38 meter.

Usai meninjau wisata Gubug Payung, Bupati beserta Dirut Perhutani meninjau salah satu wisata edukasi Heritage Trainz Loco Tour Cepu yang dikelola oleh KPH Perhutani Cepu. Setelah rombongan meninjau koleksi-koleksi kereta tua yang ada, kemudian rombongan berkesempatan menaiki salah satu kereta berkeliling kawasan setempat.

Bupati berharap Heritage Trainz Loco Tour Cepu ini juga bisa dikembangkan, selain kerjasama dengan Perhutani juga dengan Pemkab Bojonegoro. Karena jalur relnya melintas hingga Desa Batokan Kecamatan Kasiman dan berputar hingga Gubug Payung.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed