oleh

Wabah Covid-19 di Blora Meningkat, Jum’at Bersih Dilakukan Serempak

BLORA, KAPERNEWS.COM – Dikarenakan wabah Covid-19 meningkat, hari ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blora melakukan kerja bakti lingkungan di bantaran Kali Lusi yang berada di Kelurahan Bangkle, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Jumat (18/6/2021).

Pembuangan sampah liar terlihat meningkat di Jembatan Badong Banjarejo, Sungai Lusi Bangkle, Nglajo Cepu, Alas Jambe Cepu, dan wilayah lainnya di Kabupaten Blora.

Buangan sampah liar di sebelah selatan jembatan Pasar Badong

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blora Drs Sugiyono, M.Si melalui Plt Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan, Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun sekaligus Kepala Subbagian Program Sekretariat Dinas Lingkungan Hidup Retno Sulistiyaningsih saat dikonfirmasi awak media mengatakan agar masyarakat tidak membuang sampah di bantaran sungai.

Pembersihan sampah di jembatan Kali Lusi Bangkle Blora

“Kepada masyarakat Blora, mari sayangi bumi ini dengan tidak membuang sampah sembarangan. Mari kelola sampah secara bijaksana, dengan melakukan pilah sampah dari rumah, kelola Bank Sampah atau TPS 3R (Reuse, Reduce, Recycle)” katanya.

Menurutnya, karena di musim pancaroba seperti sekarang ini banyak penyakit yang timbul, sehingga dengan mengadakan kegiatan kerja bakti seperti ini, semoga bisa mengurangi sumber penyakit yang ada.

“Tingkatkan kepedulian kita terhadap lingkungan hidup. Dengan kepedulian terhadap lingkungan berarti telah menyelamatkan kehidupan,” terangnya.

Pembersihan di kebun belakang MPP Blora

Selain di bantaran sungai oleh DLH Blora, kerja bakti juga dilaksanakan oleh Yayasan Duta Blora Indonesia dan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Blora di Mal Pelayanan Publik (MPP) Blora.

“Ya, siapapun kita mari bersama luangkan waktu melakukan giat kebersihan lingkungan. Kalau tidak bisa setiap hari ya bisa seminggu sekali. Jumat Bersih contohnya. Bisa dilakukan di lingkungan sekitar rumah kita masing-masing. Hari ini kita melakukan giat bersih-bersih semak dan merapikan pohon Klampis di kebun belakang MPP Blora,” jelas Eko Arifianto Ketua Yayasan Duta Blora Indonesia saat dikonfirmasi melalui jaringan selular.

Eko menambahkan bakti lingkungan yang dimulai secara serempak dari skala terkecil rumah tangga menurutnya bisa mengurangi dampak wabah Covid-19 yang meningkat di Kabupaten Blora sekarang ini.

Penanaman bunga di taman dekat parkiran MPP Blora

“Selain agar terlihat bersih, rapi, dan tertata baik, semoga dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar, akan turut menurunkan tingkat pandemi yang terjadi di Blora seperti sekarang ini. Logikanya seperti orang gerak badan, olahraga. Jumat Bersih. Jumat sehat. Setidaknya dari skala kecil keluarga kita sendiri,” pungkasnya.

Selain dari Duta Blora terlihat petugas dari Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Blora melakukan penanaman bunga di taman dekat tempat parkir.

(Abu Sahid)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed