oleh

Sosialisasi Lahan Pekarangan, TP PKK Kabupaten Blora Tebar Benih Ikan

BLORA, KAPERNEWS.COM – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Blora bersama narasumber melakukan sosialisasi pemanfaatan lahan pekarangan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, Jawa Tengah, Senin (22/11/2021).

Kegiatan ini dihadiri oleh bunda Hj. Ainia Shalichah, SH, M.Pd.AUD, M.Pd.BI
selaku Ketua TP PKK Blora dan DRH. R. Gundala Wejasena dari dinas Perikanan serta Ketua PKK Kecamatan, perwakilan desa binaan, kader-kader PKK dan narasumber dari dinas pertanian.

Acara pertama yaitu penebaran bibit ikan nila/ lele di kolam PKK dengan Dinas Perikanan. Berisikan tentang bagaimana caranya menebarkan bibit ikan dan perawatan ikan yang baik agar menghasilkan benih yang baik untuk memenuhi kebutuhan gizi dan pembudidayaan.

Penebaran bibit ikan di kolam PKK Kabupaten Blora

“Jadi mereka minimal bisa sebagai pengampu kebutuhan pangan seharian dan untuk meningkatkan perekonomian,” ungkap Ketua TP PKK Kabupaten Blora yang akrab disapa Bunda Ainia.

“Harapannya agar semua yang hadir bisa mensosialisasikan mengenai pemanfaatan lahan pekarangan kepada warga desa masing-masing,” pintanya.

Sementara itu, DRH. R. Gundala Wejasena menyampaikan kegiatan juga berisi penyuluhan pemanfaatan lahan pekarangan oleh Dinas Pertanian. Penyuluhan tersebut berisikan pelatihan mengenai pengolahan sampah organik oleh narasumber yang berbahan dasar kayu yakni sekam, daun dan sebagainya.

“Mengenai pengolahan sampah tersebut agar tidak terbuang sia-sia serta penanaman tumbuhan dengan metode hidroponik dan aeroponik,” ungkapnya.

Lebih lanjut, memaparkan tanaman-tanaman yang telah ditanam menggunakan media sekam, kompos dan lain sebagainya.

Lalu dilakukan penyerahan simbolis oleh Bunda Ainia Shalichah selaku Ketua TP PKK di Kabupaten Blora kepada perwakilan PKK se-Kecamatan Blora.

Kemudian dilaksanakan kegiatan pencegahan stunting dengan penyerahan bantuan mesin pengering daun kelor ke TP PKK Kabupaten Blora dari PT Moringa Organic Indonesia.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed