oleh

Kades Banyak Yang Galau, ADD Tahap Akhir 2022 Belum Bisa Cair, Ini Penjelasnya

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, ADD untuk 256 desa di Lamsel terlah di trasnfer ke rekening masing-masing desa per tanggal 30 Desember 2022 lalu. Namun sayangnya, lantaran proses payrol ADD tersebut hingga sore hari, maka para bendahara desa tidak dapat langsung melakukan pencairan.

Kemudian, keesokan harinya terbentur hari libur hingga berganti tahun, maka pengajuan pencairan tidak dapat di proses oleh Bank Lampung. Hal demikian, yang membuat ADD sementara waktu mengendap dan belum dapat terealisasikan ke beberapa pos anggaran terakhir di APBDes tahun 2022.

Salah seorang Kepala Desa di Lamsel yang namanya enggan di publikasikan mengaku, pihak desa tak dapat berbuat banyak dengan kondisi yang ada. Alhasil, semua desa harus menunggu proses  pencairan ADD tahap akhir tahun 2022 tersebut pada minggu ke-3 Januari 2023.

“Akhirnya, realisasi ADD tahap akhir tahun 2022 tersebut serapannya masuk kedalam anggaran SILPA (Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran, red),” ujarnya, kemarin.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Lamsel, Wahiddin Amin menjelaskan, ADD merupakan bagian dari realisasi dana transfer daerah dan Dana Bagi Hasil (DBH) dari Pemerintah Pusat. Sehinga, terkait kewenangan prosesi realisasi Pemerintah Daerah juga tak dapat intervensi hanya dapat mengikuti alur pemerintah pusat.

“Sebenarnya tidaka ada kendala apapun. Hanya saja, itu (Realisasi ADD, red) merupakan kewenangan pemerintah pusat. Jadi kita ikut saja,” terangnya, Kamis (12/1/2023).

Wahid juga menerangkan, adanya realisasi ADD tahap akhir tahun 2022 yang menjadi realisasi anggaran SILPA dibenarkan. Namun, SILPA yang dimaksud adalah SILPA APBDes bukan merupakan SILPA daerah.

“Ya, benar realisasinya dari SILPA Desa tahun lalu. SILPA Desa ya bukan SILPA daerah. Kalau dari Pemerintah Daerah sudah selesai semua di aknhir  tahun 2022 kemarin,” lanjutnya.

Menurut Wahid, dalam realisasi ADD yang masuk plotingan SILPA tidak mempengaruhi APBDes tahun 2023. Hanya saja, waktu penyalurannya yang sedikit tertunda.

Diketahui, DD dan ADD Kabupaten Lampung Selatan pada tahun 2022 sebesar Rp. 264.187.903.000. Dari informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, anggaran untuk DD dan ADD Lamsel untuk tahun 2023 ini juga mengalami penurunan. Yakni menjadi Rp. 250.986.978.000.

(R.YS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed