oleh

Garut jadi Tuan Rumah Jalan Sehat Harmoni HAB ke 77 Kemenag Se Jabar

GARUT, KAPERNEWS.COM – Dalam rangka HAB ke 77 Kemenag tahun 2023 , sekitar 9000 warga Jawa Barat yang terdiri dari siswa, guru dan pejabat di lingkungan kementrian agama mengikuti Gerak jalan sehat Harmoni. Sabtu 7/1/2023.

Kegiatan ini menurut adalah sebagai upaya menjain tali silaturahim antar sesama warga sekaligus menjadi ajang yang menyehatkan. Karena dengan acara gerak jalan diharapkan bisa menambah penghasilan bagi UMKM lokal yang ada di Kabupaten Garut.

Dalam sambutannya Kepala Kemenag Garut di Alun-Alun Garut, seyogyanya kegiatan seperti ini merupakan kegiatan yang ppsitip salah satunya untuk menambaha pendapatan para UMKM di sekitar .

“Acara ini dihadiri sekira 9 ribu orang, berasal dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat, dengan ditunjang 60 _tenant_ Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Garut yang berjualan di lapangan Alun-Alun Garut” tuturnya

Ia juga berterima kasih kepada Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat yang telah memberikan kepercayaan kepada Kabupaten Garut untuk menjadi tuan rumah untuk Peringatan HAB ke-77 tingkat Jawa Barat.

“Mudah-mudahan ini menjadi semangat motivasi bagi kita semua, dan ternyata Pak Wakil acara hari ini tidak hanya berdampak kepada Kemenag viral di mana-mana pak, di Medsos hari ini tidak kurang 9000 orang nge-_share_ kegiatan hari ini, tetapi yang paling penting adalah UMKM kita pak luar biasa mereka bergeliat ekonominya, mudah-mudahan terus bangkit dari Covid-19 yang kemarin, dan kita terus dorong agara Indonesia bangkit dan Indonesia sehat,” tandasnya.

Sementara itu Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Jawa Barat, yang telah menunjuk Kabupaten Garut sebagai lokasi pelaksanaan HAB ke-77 Tingkat Jawa Barat.

“Kami sangat berterima kasih sekali acara ini walaupun acara untuk Jawa Barat ya, tentu _event_ nya lebih tinggi daripada Garut tapi diselenggarakannya di Kabupaten Garut, tentu ini merupakan suatu penghormatan dan kebanggaan bagi kami masyarakat Kabupaten Garut,” ujar Wabup Garut.

Ia mengungkapkan, jika Kabupaten Garut memiliki visi yakni bertaqwa, maju, dan sejahtera, di mana untuk taqwa ini, salah satu ukurannya adalah semua umat beragama kembali kepada agamanya masing-masing.

“Yang kedua ukurannya adalah kerukunan (atau) toleransi, dan tentu ini saya kira bukan hanya simbol, bukan satu doktrin saja, tetapi betul-betul ini merupakan hal yang dilaksanakan, mulai dari pada hatinya juga, kemudian pikirannya juga, fisiknya juga, semuanya bersama-sama rukun damai untuk membangun Kabupaten Garut,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat, Ajam Mustajam, menuturkan, ada 4 indikator yang ingin dicapai dari peringatan HAB ke-77 tingkat Jabar ini, yakni nilai-nilai kehidupan umat beragama, aspek nilai ekonomi, aspek nilai sosial, hingga aspek nilai budaya.

“Jadi ada 4 indikator kegiatan ini, pertama penguatan nilai-nilai kehidupan umat beragama, karena di sini hadir semua umat beragama, Muslim tentu, ada Konghucu, ada Buddha, ada Kristen, ada Hindu dan semuanya bergandengan tangan, hidup untuk menatap masa depan untuk lebih maju dan lebih hebat, kedua ada aspek ekonomi yang saya sampaikan tadi, walaupun tidak signifikan minimal kami sudah bisa menguatkan nilai ekonomi di Kabupaten Garut yang seperti tadi,” tutur Ajam.

Dengan persiapan hanya sekira 2 minggu saja, acara bisa berjalan luar biasa, oleh karenanya ia mengapresiasi Kabupaten Garut yang telah sukses menjadi tuan rumah.

“Yang saya hormati para Kemenag kabupaten/kota se-Jawa Barat terutama tuan rumah, terima kasih dengan waktu Pak Bupati (dan) Stafsus ini hanya waktu 2 minggu, tapi Alhamdulillah bisa berjalan dengan luar biasa, tidak kurang seperti Pak Kepala Kemenag (Garut) sampaikan 9 ribu masyarakat dari berbagai pelosok kabupaten/kota datang di Kabupaten Garut,” ucapnya. (Oki)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed