oleh

Kemenag Garut, Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke 77 

GARUT, KAPERNEWS.COM – Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama RI diperingati setiap tanggal 3 Januari, peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Departemen Agama RI.

Dimana pada tanggal 3 januari 1946 merupakan hari berdirinya Departemen Agama yang didasari oleh Penetapan Menteri Agama Nomor 6 Tahun 1956 tanggal 1 Maret 1956.

Dari situlah, setiap 3 Januari diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Departemen Agama RI.

Namun sejak tanggal 3 Januari 1980, pada peringatan HUT Departemen Agama ke-34 diubah penyebutannya menjadi Hari Amal Bhakti (HAB) Departemen Agama RI (sekarang Kementerian Agama).

Perubahan penyebutan mengandung konotasi mengenai perihal bahwa setiap memperingati hari jadi Kementerian Agama, maka tujuan yang paling penting adalah untuk menggugah kembali tekad seluruh jajaran Kementerian Agama agar meneruskan amal bakti dalam melayani dan membimbing kehidupan beragama di Indonesia.

Sebutan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama RI mengandung konotasi bahwa lahir dan hadirnya Kementerian Agama RI merupakan salah satu rentetan konsensus nasional mengenai dasar dan ideologi negara, yaitu Pancasila.

Kemenag Kabupaten Garut sendiri di Hari Amal Bakti ( HAB )yang Ke 77 tahun 2023 ini akan melaksanakan Upacara nya di Alun Alun Garut dengan di bagi menjadi 5 tempat upacara yaitu Alun Alun Garut,Limbangan ,Pamengpeuk,Cikajang dan Alun alun Cisewu pada tanggal 3 Januari 2023.

Ketua panitya pelaksana kegiatan HAB ke 77 Kabupaten Garut H. Endang Sutiana ( Kasi Bimas ) pada Kantor Kementrian Agama Kabupaten Garut menjelaskan beberapa rangkaian kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan pada kegiatan HAB tersebut.
” Rangkaian acara jelang HAB yang ke 77 ini telah dilaksanakan beberapa kegiatan diantara nya .
1. Kegiatan turnamenOlahraga ( Volly ball.Tenis Meja.Catur,Badminton, Antar Satker dan KKM,
2.Seni. ( Paduan Suara Mars Kemenag )
3. Sain. ( Lomba Pidato Moderasi Beragama ) dan yang terakhir nanti hari Sabtu tanggal 7 Januari 2023 akan dilaksanakan jalan sehat Harmoni se jawa barat dan Kabupaten Garut menjadi Tuan Rumah penyelenggaraan.” Tuturnya. (Oki)

.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed